Presiden akan datang, pengungsi mulai berkurang

Senin, 17 Februari 2014 - 11:39 WIB
Presiden akan datang,...
Presiden akan datang, pengungsi mulai berkurang
A A A
Sindonews.com - Pengungsi letusan Kelud yang berada di titik-titik pengungsian di Kota Batu, Jawa Timur, mulai berkurang. Sebagian dari mereka sudah ada yang pulang ke rumah masing-masing.

Data Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kota Batu, menyebutkan, data pengungsi yang terdata di Kota Batu hingga kemarin mencapai sekira 14.559 orang.
Namun, pada Senin hari ini tinggal sekira 10.050 pengungsi.

"Pengungsi terutama bapak dan pemuda sudah banyak yang meninggalkan posko," kata Kepala BPBD Batu, Sasmito, Senin (17/2/2014).

Meski demikian, BPBD Batu belum memutuskan untuk membolehkan mereka pulang ke rumah masing-masing sebelum ada perintah yang terkait.

Sejumlah titik pengungsian juga mulai digabungkan menjadi satu, dari 46 titik pengungsian saat ini tersisa 35 titik.

Menurutnya, pengungsi yang pulang saat ini tidak atas perintah petugas, mereka memaksa dan atas inisiatif sendiri untuk pulang ke rumah. Sebagian besar mereka juga ada yang balik ke pengungsian dan tidak.

Rencananya, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) akan mengunjungi pengungsi di GOR Ganesha Kota Batu, Jawa Timur, yang saat ini masih menampung 721 pengungsi dari sebelumnya yang mencapai 1.284 orang.
(sms)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.0838 seconds (0.1#10.140)