Gara-gara debu Kelud, banyak mobil kecelakaan

Sabtu, 15 Februari 2014 - 07:31 WIB
Gara-gara debu Kelud, banyak mobil kecelakaan
Gara-gara debu Kelud, banyak mobil kecelakaan
A A A
Sindonews.com - Tebalnya abu vulkanik dari Gunung Kelud yang menutupi badan jalan rentan menyebabkan kecelakaan.

Di Kabupaten Kulonprogo tercatat ada sejumlah kejadian kecelakaan. Meski tidak ada korban jiwa, namun kendaraan ini tergelincir akibat debu yang tebal, dan jarak pandang yang terbatas.

Diantara kecelakaan ini terjadi di Toyan, Triharjo, sebuah Mobil Toyota Innova B 1488 UZG masuk ke dalam selokan. Kecelakaan juga terjadi di Jalan Daendels Palihan Temon, sebuah truk pengangkut gas elpiji juga sempat terperosok. Sedangkan di Mlangseng, Temon mobil Avanza AB 1852 JE juga terperosok ke sawah.

Kecelakaan juga terjadi di perbatasan Kulonprogo-Purworejo, sebuah minibus menabrak truk yang sedang parkir di rest area. Sementara, di Dusun Demen, Kecamatan Temon, seorang pengendara motor ditabrak mobil dari arah belakang.

"Yang masuk ke kita ada tiga kecelakaan, mungkin yang lain hanya kecelakaan kecil," jelas Kanit Lakalantas Polres Kulonprogo Iptu Sigit Purnomo, Jumaat 14 Februari 2014.

Menurutnya, kecelakaan ini kebanyakan terjadi di wilayah Temon. Kebetulan, usai hujan abu, kawasan ini sempat diguyur hujan. Akibatnya jalanan menjadi licin dengan jarak pandang yang terbatas.

Untuk mengantisipasi kecelakaan, sejumlah petugas Satlantas disebar di beberapa ruas jalan protokol. Mereka diminta untuk mengamankan jalur dengan dilengkapi lampu sein. "Kita masih rapatkan penanganan ini, agar kasus kecelakaan bisa ditekan," jelasnya.

Salah satu korban, adalah Mustofa pengemudi Toyota Avanza AB 1952 JE. Mobilnya terperosok ke persawahan setelah roda belakang selip dan tergelincir. "Jalannya licin, sulit tadi mengendalikan," ujarnya.

Menurutnya, dia berencana pulang ke Bantul setelah dari Cilacap. Saat kejadian, dia mengaku kendaraan melaju tidak dalam keadaan kencang.
(rsa)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8638 seconds (0.1#10.140)