Gunung Kelud meletus, 3 gunung berapi siaga

Jum'at, 14 Februari 2014 - 18:51 WIB
Gunung Kelud meletus, 3 gunung berapi siaga
Gunung Kelud meletus, 3 gunung berapi siaga
A A A
Sindonews.com - Meletusnya Gunung Kelud diyakini tidak akan memicu letusan gunung berapi lainnya. Namun begitu, masyarakat yang berada di lereng gunung diminta untuk tetap berhati-hati.

"Erupsi Gunung Kelud tidak akan memicu aktifnya gunung api lainnya. Saat ini status gunung api di Indonesia, dua status awas, tiga status siaga dan 17 status waspada," ujar Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Sutopo Purwo Nugroho, kepada Sindonews, Jumat (14/2/2014).

Sementara itu, Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kegunungapian (BPPTK) Jogja memastikan erupsi Gunung Kelud yang terjadi pada Kamis-Jumat dini hari tidak akan memengaruhi aktivitas Gunung Merapi.

Kepala BPPTK Jogja Subandriyo menyebutkan belum ada peningkatan aktivitas di salah satu gunung teraktif di dunia tersebut. Meskipun beberapa gempa yang terjadi di Gunung Kelud juga tercatat di seismograf yang dipasang di Gunung Merapi.

"Warga lereng Gunung Merapi harus tetap tenang, dan lakukan aktivitas seperti biasa. Beberapa kali, gempa memang tercatat di seismograf kami, namun tidak memengaruhi Merapi,” katanya.

Kepala Bidang Pencegahan dan Kesiapsiagaan, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Klaten, Joko Rukminto mengimbau, masyarakat di wilayah lereng Merapi untuk tetap waspada. Meskipun secara langsung belum ada peningkatan aktivitas yang terjadi di gunung tersebut.

“Ya, kami berharap masyarakat tetap waspada, meskipun dari BPPTK belum ada instruksi apa-apa, namun kami tetap meminta kesiapan dan kesiapsiagaan warga,” tukasnya.

Baca juga:
Gunung Kelud meletus, 7 bandara ditutup
(san)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5770 seconds (0.1#10.140)