Erupsi Kelud belum pengaruhi Merapi

Jum'at, 14 Februari 2014 - 16:10 WIB
Erupsi Kelud belum pengaruhi Merapi
Erupsi Kelud belum pengaruhi Merapi
A A A
Sindonews.com - Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kegunungapian (BPPTK) Jogja memastikan erupsi Gunung Kelud yang terjadi pada Kamis-Jumat dinihari tidak mempengaruhi aktifitas Gunung Merapi.

Kepala BPPTK Jogja Subandriyo menyebutkan, belum ada peningkatan aktifitas di salah satu gunung teraktif di dunia tersebut. Meskipun beberapa gempa yang terjadi di Gunung Kelud juga tercatat di Seismograf yang dipasang di Gunung Merapi.

Dengan kondisi tersebut, pihaknya meminta agar warga di lereng Gunung Merapi untuk tetap tenang dan melakukan aktifitas seperti biasanya.

“Beberapa kali gempa tercatat di Seismograf kami, namun tidak mempengaruhi Merapi,” katanya.

Sementara itu Kepala Bidang Pencegahan dan Kesiapsiagaan, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Klaten, Joko Rukminto, mengimbau masyarakat di wilayah lereng Merapi untuk tetap waspada. Meskipun secara langsung belum ada peningkatan aktifitas yang terjadi di gunung tersebut.

“Ya kami berharap masyarakat tetap waspada, meskipun dari BPPTK belum ada instruksi apa-apa, namun kami tetap meminta kesiapan dan kesiapsiagaan warga,” ujarnya.

Joko mengatakan, selain mengimbau warga untuk meningkatkan kewaspadaan, pihaknya juga meminta agar komunikasi radio komunitas di lereng Merapi untuk diaktifkan kembali.

Menurutnya dengan radio komunitas tersebut informasi sekecil apapun dari Gunung Merapi dapat segera diinformasikan kepada masyarakat.

“Dengan radio komunitas tersebut, jika ada apa-apa dapat menyebarkan secara tepat dan cepat. Sehingga warga bias mengantisipasi lebih cepat," tandasnya.
(sms)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5789 seconds (0.1#10.140)