Dihujani abu vulkanik, Polrestabes Surabaya bagikan masker

Jum'at, 14 Februari 2014 - 11:21 WIB
Dihujani abu vulkanik, Polrestabes Surabaya bagikan masker
Dihujani abu vulkanik, Polrestabes Surabaya bagikan masker
A A A
Sindonews.com - Abu vulkanik akibat letusang Gunung Kelud 'terbang' hingga Surabaya. Sejumlah pengguna jalan merasa terganggu akibat abu tersebut. Polrestabes Surabaya langsung melakukan aksi bagi-bagi masker untuk sejumlah pengguna jalan.

Wakasat Lantas Polrestabes Surabaya Kompol Dhanu mengatakan, aksi bagi-bagi masker ini agar pengguna jalan meminimalisir dampak dari abu tersebut. Karena, abu vulkanik ini sangat mengganggu pengguna jalan dan bisa berakibat kecelakaan.

"Tujuannya untuk melindungi pengguna jalan agar menggunakan masker dan perlindungan mata karena efek dari debu vulkanik," kata Dhanu di sela-sela pembagian masker di Jalan raya Darmo, Surabaya, Jumat (14/2/2014).

Saat ini, tebaran abu vulkanik memang tidak terlihat secara kasat mata. Namun, jika menggunakan penutup, maka mata akan terasa pedih dan pernafasan akan terganggu.

Selain itu, kepada pengguna kendaraan bermotor juga harus berhati-hati. Karena, kondisi jalan akan licin jika abu vulkanik itu diguyur hujan.

"Antisipasi, tebaran debu Kelud yang pekat ini, khususnya roda dua harus hati-hati, karena jalanan juga sudah dipenuhi debu, otomatis licin, dan pandangan mata kabur karena debu masih beterbangan, jadi diimbau bagi pengguna jalan, harus hatu-hati," tandas dia.

Selain Polrestabes Surabaya, juga ada dari pihak Pemkot Surabaya yang juga bagi-bagi masker kepada sejumlah pengguna jalan. Kepala Dinas Kebakaran Kota Surabaya, Candra Uratmangun mengaku tidak tahu berapa jumlah masker yanh telah dibagikan.

"Banyak tadi maskernya. Pastinya kita gak hitung, ada banyak dus di situ, banyaklah pokoknya," tukasnya.
(lns)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5699 seconds (0.1#10.140)