Jika Kelud meletus, Blitar paling terkena dampaknya

Minggu, 02 Februari 2014 - 17:48 WIB
Jika Kelud meletus, Blitar paling terkena dampaknya
Jika Kelud meletus, Blitar paling terkena dampaknya
A A A
Sindonews.com - Peningkatan aktivitas Gunung Kelud yang terletak di perbatasan tiga wilayah dikhawatirkan banyak warga Kabupaten Blitar, Jawa Timur.

Pasalnya, meski menjadi ikon wisata Kabupaten Kediri, dampak terbesar letusan Gunung Kelud dinilai lebih banyak menimpa wilayah Kabupaten Blitar.

Tak heran, terkait antisipasi musibah Kelud, Kabupaten Blitar telah membagi tiga ring kawasan bencana, termasuk jalur evakuasi warga. "Yakni ring III yang meliputi Kecamatan Nglegok, ring II Kecamatan Gandusari dan ring I atau lokasi terjauh di Kecamatan Ponggok," jelas Kepala Bidang Pencegahan dan Kesiapsiagaan BPBD Kabupaten Blitar Katidjan, Minggu (2/2/2014).

Katidjan menambahkan, meski waspada, pihaknya meminta masyarakat untuk tidak terlalu panik. "Kita berharap status yang ada (Waspada) segera kembali ke Aktif Normal lagi," pungkasnya.

Sementara Kepala Pos Pemantau Gunung Kelud Kediri Khoirul Huda membenarkan jika status Gunung Kelud telah naik menjadi Waspada.

Da juga membenarkan jika untuk sementara kawasan wisata Kelud tertutup untuk umum. Hal itu sesuai dengan rekomendasi PVMBG. "Status Kelud naik menjadi waspada," ujarnya singkat.

Baca:
Status Waspada, wisata Gunung Kelud ditutup
Status Gunung Kelud mendadak Waspada
(rsa)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.6623 seconds (0.1#10.140)