PVMBG: Radius aman Gunung Sinabung 3 km

Minggu, 15 September 2013 - 10:42 WIB
PVMBG: Radius aman Gunung Sinabung 3 km
PVMBG: Radius aman Gunung Sinabung 3 km
A A A
Sindonews.com - Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) mengimbau agar masyarakat yang berada di radius tiga kilometer dari Gunung api Sinabung, Sumatera Utara (Sumut) untuk mengevakuasi diri.

Pasalnya, peningkatan aktivitas gunung yang puncaknya berada di ketinggian 2.451 meter dari permukaan laut (mdpl), di Kecamatan Naman Teran, Kabupaten Karo, itu bisa saja terjadi sewaktu-waktu.

"Masyarakat kami imbau untuk menjauh dengan radius tiga kilometer dari Gunung Sinabung," imbau Kepala PVMBG Hendrasto kepada Sindonews, (15/9/2013).

Saat ini, dikatakannya, letusan Gunung Sinabung sendiri berasal dari puncak gunung. Material yang dikeluarkan sendiri berupa debu, apu dan bebatuan.

"Atas kondisi itu kami terus melakukan pemantauan di lapangan, kami sudah kirim tim di lapangan untuk membangun posko pengamatan," lanjutnya.

Seperti diberitakan sebelumnya, Gunung api Sinabung di Kabupaten Karo, Sumatera Utara (Sumut) meletus Minggu (15/9/2013) pukul 02.51 WIB dini hari. Letusan tersebut memuntahkan abu vulkanik dan beberapa batu kecil hingga melanda desa-desa yang berada di sekitarnya.

Atas kondisi tersebut, masyarakat di beberapa desa sekitar Gunung api Sinabung langsung melakukan evakuasi mandiri ketika mendengar gemuruh dan letusan Gunung Sinabung.

"Masyarakat yang melakukan pengungsian yakni warga Desa Sukameriah, Kecamatan Payung, dan Desa Kutarayat, Kutagugung, Simacem dan Bekerah di Kecamatan Namanteran, Kabupaten Karo telah melakukan evakuasi mandiri ketika mereka mendengar gemuruh dan letusan Gunung Sinabung," jelas Kepala Pusat Data dan Informasi Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Sutopo Purwo Nugroho, Minggu (15/9/2013).

Mereka mengungsi ke Kabanjahe, ibu kota Kabupaten Karo. Kata Sutopo, pengungsi ditempatkan di gedung dan jambur-jambur sekitar kantor Bupati Karo.
(rsa)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7958 seconds (0.1#10.140)