Pemerintah Pusat Didesak Cepat Tangani Dampak Erupsi Sinabung

loading...
Pemerintah Pusat Didesak Cepat Tangani Dampak Erupsi Sinabung
Anggota DPR dari Daerah Pemilihan (Dapil) Sumatera Utara III, Bob Andika Mamana Sitepu (tengah) menyampaikan rasa empati terhadap masyarakat yang terdampak erupsi Gunung Sinabung. (Foto/Ist)
KARO - Anggota DPR dari Daerah Pemilihan (Dapil) Sumatera Utara III, Bob Andika Mamana Sitepu menyampaikan rasa empati terhadap masyarakat yang terdampak erupsi Gunung Sinabung.

Politisi PDI Perjuanganyang akrab disapa Bob ini meminta Pemprov Sumatera Utara dan Pemkab Karo serta pihak lainnya segera bertindak cepat untuk membantu masyarakat yang terdampak.

Gunung Sinabung kembali mengalami erupsi dengan ketinggian mencapai 7.460 meter dpl pada Senin (10/08/2020) pada pukul 10:16 WIB. Letusan tersebut sejauh ini menyebabkan dampak abu cukup tebal di tiga kecamatan di Kabupaten Karo, yaitu Kecamatan Naman Teran, Berastagi, dan Kecamatan Merdeka.

”Saya menyampaikan rasa empati terhadap masyarakat yang terdampak. Saya meminta Gubernur, Bupati, Aparat Keamanan, Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), BASARNAS dan seluruh stakeholder pemerintah pusat lainnya untuk segera membantu dan memberhentikan aktivitas warga dengan radius tertentu untuk menghindari korban jiwa,‘’ ungkap Bob dalam siaran tertulisnya kepada wartawan, Senin (10/8/2020).(BACA JUGA: Gunung Sinabung Kembali Erupsi, Semburkan Awan Kelabu hingga 2000 Meter)



Berdasarkan data sementara dari Dinas Pertanian setempat, dampak dari erupsi ini telah mengakibatkan kerugian pada areal pertanian dengan kisaran Rp41 milliar.

‘’Saya sebagai wakil rakyat siap mengkomunikasikan ke pemerintah pusat dalam hal ini Kementerian Pertanian agar dapat membantu kerugian para petani terdampak dengan segera,’’ tambahnya.

Bob meminta dalam konteks mitigasi dan antisipasi bencana, BMKG agar memasang alat pemantau erupsi yang lebih canggih, bukan seperti saat ini yg masih menggunakan alat manual. Langkah ini diperlukan agar masyarakat di sekitar Gunung Sinabung bisa mendapatkan info deteksi sedini mungkin yang lebih canggih untuk mengantisipasi jatuhnya korban akibat erupsi gunung tersebut.



Bob juga mengharap agar BNPB yang saat ini sedang fokus menghadapi COVID-19 agar juga memprioritaskan bantuan terhadap warga Gunung Sinabung. (BACA JUGA: Wisata Berastagi Masih Bergeliat Pasca Hujan Abu Sinabung)

‘’Begitu juga dengan masyarakat sekitar Gunung Sinabung diimbau untuk tetap melakukan protokol COVID-19 serta taat dan patuh terhadap aturan pemerintah,’’ pungkasnya.
(vit)
TULIS KOMENTAR ANDA!
preload video
Top