Hama wereng serang 50 hektar tanaman padi

Jum'at, 22 Maret 2013 - 11:28 WIB
Hama wereng serang 50 hektar tanaman padi
Hama wereng serang 50 hektar tanaman padi
A A A
Sindonews.com - Setelah dilanda bencana banjir dan curah hujan tinggi, para petani padi di Kabupaten Jombang, Jawa Timur, kini kembali dipusingkan dengan serangan hama wereng. Akibatnya, puluhan hektar tanaman padi kering dan mati hingga gagal panen.

Daerah yang diserang hama wereng tersebut diantaranya Desa Kalangsemanding, dan Desa Dagingmangu, Kecamatan Perak. Berdasarkan informasi, tanpa di ketahui, secara tiba-tiba jutaan hama wereng sudah hinggap dan memenuhi batang-batang padi milik para petani.

Tak pelak, hamparan sawah petani yang biasanya menguning kehijauan, kini tampak kering penuh dengan semak padi yang mati dan mengering.

"Tak hanya yang masih muda, tanaman padi yang sudah tua-pun mati. Bulir-bulir padinya kosong tanpa isi," jelas seorang petani yang menjadi korban hama wereng, Asrul, Jumat (22/3/2013).

Menurutnya, dia bersama rekan-rekan petani lain sudah melakukan upaya penyemprotan dengan berbagai jenis obat pembasmi wereng. Namun, serangannya yang ganas membuat para petani kewalahan.

"Akibat serangan hama wereng yang tidak terkendali ini, lebih dari 50 hektar tanaman padi di Desa Gadingmangu dan Desa Kalangsemanding dipastikan mati dan gagal panen," ungkap Asrul.

Dirinya bersama para petani dikawasan tersebut berharap, ada upaya atau bantuan dari pemerintah setempat, khususnya Dinas Pertanian Kabupaten Jombang, untuk membantu membasmi hama wereng tersebut.
(rsa)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8070 seconds (0.1#10.140)