Serangan Lembing Batu di Indramayu Akibatkan Puluhan Pemotor Jatuh

Senin, 05 Juni 2023 - 20:37 WIB
loading...
Serangan Lembing Batu di Indramayu Akibatkan Puluhan Pemotor Jatuh
Momen pemotor jatuh di jalan akibat serangan hama Lembing Batu di Indramayu yang terjadi dalam dua hari terakhir. Foto: Istimewa
A A A
INDRAMAYU - Dalam beberapa hari terakhir, sejumlah wilayah di Kabupaten Indramayu , Jawa Barat, diresahkan oleh kehadiran lembing batu. Bahkan puluhan pemotor jatuh di jalan.

Lembing batu adalah hama berwarna hitam dengan tekstur keras serta memiliki bau menyengat. Serangannya muncul dan mengerubungi lampu-lampu penerangan jalan umum (PJU) hingga mengganggu para pengendara yang melintas.



Salah satunya terjadi di Jalan Raya Desa Karangasem, Kecamatan Terisi, Kabupaten Indramayu, di mana puluhan pengendara sepeda motor yang melintas di jalan raya tersebut satu persatu saling berjatuhan.



Jatuhnya para pengendara sepeda motor itu disebabkan oleh ribuan hama lembing batu yang menumpuk di badan jalan, sehingga mengakibatkan permukaan jalan menjadi licin.

“Jalannya licin enggak sadar, fokus sama lembing yang berterbangan banyak banget enggak bisa menghindar," ujar Jali, salah satu pengendara motor yang jatuh akibat serangan lembing batu, kepada MNC Portal Indonesia (MPI), Senin (5/6/2023).

Sementara, seorang warga setempat, Ambrin Sudarsa mengatakan, serangan hama lembing batu ini sudah dua kali terjadi, tak jarang warga yang melintas di lokasi itu terjatuh.



"Sudah puluhan motor yang jatuh, lembingnya kalau malam datang banyak banget," kata dia.

Diketahui, lembing batu (Scotinophara coarctata) adalah sejenis serangga yang tergolong dalam kelompok kepik. Serangga berwarna hitam ini biasa menyerang tanaman padi pada semua fase pertumbuhan, mulai dari fase vegetatif sampai fase generatif.

Lembing batu ini kerap muncul pada malam hari di wilayah pemukiman saat musim hujan atau areal persawahan terairi. Kelompok lembing biasanya akan terbang di sekitar cahaya lampu.
(nic)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2599 seconds (0.1#10.140)