Curi kayu di TNK, oknum TNI ditangkap

Sabtu, 16 Maret 2013 - 14:03 WIB
Curi kayu di TNK, oknum TNI ditangkap
Curi kayu di TNK, oknum TNI ditangkap
A A A
Sindonews.com - Balai Taman Nasional Kutai (TNK) di Kutai Timur, Kalimantan Timur (Kaltim) menangkap oknum anggota TNI yang tertangkap tangan membawa kayu jenis ulin dari dalam kawasan konservasi ini.

Oknum TNI ini membawa kayu tersebut dengan menggunakan mobil tertutup yang sudah dimodifikasi bagian belakangnya. Ia ditangkap bersama istrinya saat hendak keluar membawa kayu hasil curian.

"Saat ini kami memproses penyidikan terhadap anggota TNI yang tertangkap tangan mencuri kayu ulin dari TNK. Ia tertangkap pekan lalu oleh petugas kami," kata Kepala Balai TNK Erly Sukrismanto, Sabtu (16/3/2013).

Setelah proses penyidikan oleh Penyidik Pegawai Negeri Sipil (PPNS) yang ada di Balai TNK, oknum TNI ini kemudian diserahkan ke Detasemen Polisi Militer. Erly menambahkan, oknum TNI ini sudah lama menjadi target operasi. Hanya saja belum tertangkap tangan.

"Kita sudah pernah laporkan ini sebelumnya ke pimpinannya. Hanya saja laporan itu sulit dilanjutkan jika tanpa bukti. Jadi harus tangkap tangan," kata Erly.

Kawasan konservasi TNK memang masih menjadi incaran pelaku pembalakan liar. Sering kali Polisi Hutan menangkap pelaku pembalakan liar dengan barang bukti hasil hutan yang sudah berbentuk balok. Pelaku mengangkut tidak hanya menggunakan mobil, namun juga sepeda motor.

"Dari informasi masyarakat, sering mereka melihat orang keluar masuk kawasan TNK. Beberapa kali kami juga menemukan areal yang sudah ditebang," tambah Erly.

Saat teknologi komunikasi sudah maju, para pelaku semakin mudah menghindar. Mereka akan saling menginformasikan jika ada petugas yang datang. Untuk mengantisipasi itu, Balai TNK dalam operasinya kadang tidak menggunakan pakaian dinas.

"Para pelaku kami kenakan Undang-undang pokok kehutanan dan Undang-undang tentang konservasi," katanya.
(rsa)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5759 seconds (0.1#10.140)