Ribuan ton bawang putih dan bawang merah ilegal dimusnahkan

Jum'at, 15 Maret 2013 - 11:44 WIB
Ribuan ton bawang putih dan bawang merah ilegal dimusnahkan
Ribuan ton bawang putih dan bawang merah ilegal dimusnahkan
A A A
Sindonews.com - Ribuan ton bawang putih dan bawang merah ilegal hasil tangkapan Petugas Bea Cukai Dumai, Riau, sepekan yang lalu dari sebuah kapal pengangkut yang digunakan oleh penyelundup, dimusnahkan Dinas Kesehatan Karantina.

Pemusnahan ini dilakukan agar bawang putih dan merah selundupan asal Malaysia ini tidak beredar di pasaran dan kondisi bawang putih dan merah ini sudah mulai membusuk.

Jumat (15/3/2013) pagi, ribuan ton bawang putih dan bawang merah ini diturunkan dari truk dan dikumpulkan pada sebuah lubang di gudang barang sitaan Dinas Kesehatan yang berada di Jalan Soekarno Hatta, Dumai, Riau.

Ribuan ton bawang putih dan merah yang harganya sedang melonjak ini diamankan oleh petugas bea cukai dari sebuah kapal pengangkut yang bersandar di Pelabuhan Dumai.

Sayangnya, petugas Bea Cukai Dumai tidak berhasil menangkap penyelundup bawang putih dan bawang merah dari Malaysia ini. Saat diamankan, kapal pengangkut tersebut dalam keadaan kosong tanpa anak buah kapal.

Ribuan ton bawang putih dan bawang merah ini sengaja diselundupkan ke Indonesia karena nilai jual bawang putih dan bawang merah di pasaran terus merangkak naik.

Menurut Kepala Dinas Karantina Riaun, Dwi Agus Sudaryanto, ribuan ton bawang putih dan bawang merah ini harus segera dimusnahkan karena sudah mulai membusuk dan dikhawatirkan beredar di pasaran.

"Kami harus segera memusnkahkan barang putih dan bawang merah ilegal ini karena khawatir beredar di pasaran," katanya di gudang karantina, Riau, Jumat (15/3/2013).

Pemusnahan dilakukan dengan disaksikan sejumlah instansi terkait. Dumai kerap digunakan sebagai pintu masuk barang haram dari Malaysia oleh penyelundup.
(ysw)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8951 seconds (0.1#10.140)