Susno: Setiap komandan harus bertanggungjawab

Kamis, 14 Maret 2013 - 21:24 WIB
Susno: Setiap komandan harus bertanggungjawab
Susno: Setiap komandan harus bertanggungjawab
A A A
Sindonews.com - Bentrok antara oknum TNI AD dengan polisi yang diwarnai pembakaran Mapolres OKU, Sumatera Selatan menjadi tanggungjawab komandan dari kedua institusi yang berseteru.

Menurut mantan Kabareskrim Polri Komjen Pol (purn) Susno Duadji ejadian seperti ini oknum keduanya tidak dapat langsung disalahkan, namun komandan dari keduanya institusi itu orang yang paling bertanggungjawab.

"Apapun sebabnya tidak boleh, tidak ada anak buah yang salah, seharunya komandan yang bertanggungjawab, dia harus berani mengacungkan tangan," kata Susno kepada wartawan di Gallery Cafe, Cikini, Jakarta Pusat, Kamis (14/3/2013).

Dirinya menerangkan, dalam kesatuan bukan berarti setiap prajurit selalu benar, namun sebagai pimpinan komando maka atasan mereka berhak berjiwa besar untuk ikut tanggungjawab.

"Ada yang komandan sudah baik, tetapi ada anak buahnya yang di luar dugaan. Kasus ini kan ada tim gabungan, tetapi saya rasa komandan harus bertanggungjawab," cetusnya.

Ia pun mengaku prihatin dengan terbakarnya Mapolres OKU lantaran bentrok kedua lembaga tersebut.

"Saya kira begini, menyalahkan salah satu juga tidak bisa, tetapi kejadian itu sangat memalukan dan prihatin apapun alasannya," tandasnya.
(lns)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5984 seconds (0.1#10.140)