KPU Jabar: Real count bukan penentu pemenang

Kamis, 28 Februari 2013 - 09:12 WIB
KPU Jabar: Real count bukan penentu pemenang
KPU Jabar: Real count bukan penentu pemenang
A A A
Sindonews.com - Kendati sudah ada protes dari salahsatu pasangan Cagub jabar, KPU Jabar menegaskan belum akan menutup real count. Lagian real count juga bukan penentu kemenangan bagi pasangan cagub.

"Masalah real count itu adalah pelayanan KPU terhadap publik Jabar yang menghendaki adanya angka real bukan quick count," terang Komisioner KPU Jabar Teten Setiawan, Kamis (28/2/2013).

Sehingga, lanjutnya, akurasi real count tidak mencapai 100 persen. Untuk mencapai akurasi 100 persen tetap harus lewat penghitungan manual pada 3 Maret 2013.

"Jadi mari kita tunggu yang sebenarnya tanggal 3 Maret. Real count ini untuk memuaskan keingintahuan publik, kalau validitas tetap tanggal 3 Maret nanti saat di rekapitualis manual," terangnya.

Pernyataan Teten sekaligus menjawab adanya keinginan salah satu pasangan calon Pilgub Jabar untuk menutup riel count yang ditampilkan web KPU Jabar. Alasannya, real count cenderung menggiring opini publik bahwa sudah ditentukan pemenangnya.

Mengenai keinginan menutup real count, KPU Jabar belum bisa menentukan. Teten mengaku pihaknya akan berkoordinasi dengan Pokja Pencalonan dan Kampanye Pilgub Jabar.

"Apakah hasil real count diterima atau tidak, ini menyangkut teknis mengenai input termasuk jaringan internetnya," jelasnya.

Riel count KPU Jabar memang memiliki sejumlah kelemahan, misalnya harus diperhitungkan kemungkinan hacker, ada juga hasil penghitungan dari KPPS yang langsung ke kota, tanpa di-input ke internet.

"Real count ini memang susah tapi setidaknya memenuhi keingintahuan masyarakat, meski akurasinya tak mungkin 100 persen," tambahnya.
(ysw)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6452 seconds (0.1#10.140)