BNN pantau DIY

Senin, 18 Februari 2013 - 01:00 WIB
BNN pantau DIY
BNN pantau DIY
A A A
Sindonews.com - DIY mendapatkan perhatian serius dari Badan Narkotika Nasional (BNN). Hal tersebut tidak terlepas dari peringat DIY di nomor lima provinsi dengan penyalahgunaan narkoba tinggi.

BNN menempatkan DIY berada di peringkat lima, dengan angka penyalahgunaan narkoba mencapai 2,2 persen atau sekira 110.000 orang.

"Sebagai kota pelajar, DIY yang setiap tahun menerima pelajar dari seluruh Indonesia, harus dijaga dari peredaran dan penyalahgunaan narkoba," tandas Deputi Pencegahan BNN Yappi Manafe usai bertenuWakil Gubernur DIY Paku Alam IX yang juga Ketua Badan Narkotika Provinsi (BNP) DIY, Minggu 17 Februari 2013.

Dengan perhatian serius Yappy mengaku optimis, kedepan tingkat penyalahgunaan narkoba di DIY akan menurun. Banyaknya generasi muda yang belajar di DIY harus mendapatkan perlindungan penuh dari peredaran barang haram tersebut.

BNN menyebutkan, secara nasional prevelensi penyalahgunaan narkoba mencapai 2,22 persen atau 3,8 juta orang di 2011. Di 2015 diharapkan angkanya dapat ditekan hingga mencapai 2,8 persen atau setara dengan 5 juta orang.

Sementara di 2015 menurutnya, BNN mempunyai Indonesia bebas narkoba. Hal tersebut dapat tercapai jika masyarakat diluar angka pengguna sebanyak 3,8 juta orang dapat dicegah ikut terjerumus sebagai pengguna narkoba.

Sementara untuk pengguna narkoba yang berada di angka 3,8 juta orang harus mendapatkan penanganan berupa rehabilitasi agar bisa pulih dan sembuh.

"Parameter ketiga adalah meningkatkan pemberantasan jaringan peredara," tandasnya.
(rsa)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.0638 seconds (0.1#10.140)