Antisipasi bom Ikan, Mentawai buat baywatch

Rabu, 06 Februari 2013 - 01:30 WIB
Antisipasi bom Ikan,...
Antisipasi bom Ikan, Mentawai buat baywatch
A A A
Sindonews.com - Dinas Budaya dan Pariwisata Mentawai tahun ini segera membuat pos penjagaan wisata di lokasi surfing, terutama di daerah Karamajat, Desa Katurei, Kecamatan Siberut Barat Daya, Mentawai, Sumatera Barat.

“Di dekat Kandui Resort itu ada kantor Coremap, saat ini kantor ini tidak berfungsi, rencananya kita bersama Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Mentawai akan bekerjasama untuk menjaga wisata bahari dan surfing,” ujar Kepala Dinas Budaya dan Pariwisata Mentawai Desti Seminora, kepada wartawan, Selasa 5 Februari 2013.

Di lokasi kejadian bom ikan ini merupakan lokasi surfing, wisata bahari, dan diving. Hasil koordinasi dengan DKP kata Desti, untuk DKP mereka mengawasi keamanan laut, sementara untuk pariwisata memberikan pelayanan.

“Kita akan buatkan baywatch di lokasi tersebut bisa berupa pos terpadu, sebab ini sungguh tidak bagus,” ungkapnya.

Sementara untuk keamanan, lanjutnya, nanti dibantu polisi sebab polis yang memiliki senjata. Kalau DKP dan Disbudpar ini nantinya hanya bersifat menjaga saja.

“Kenapa masyarakat tidak berani menangkap pelaku ini karena mereka memilki senjata dan bom, kalau dikejar nanti masyarakat sendiri yang kena bom ikan itu. Jadi nanti kita minta bantuan kepada polisi dan TNI AL,” ujarnya.

Ia juga mengakui manajer Kandui Resort Yordan Heuer (Amerika Serikat) sudah mendantangi bupati melaporkan kejadian ini.

“Para turis asing ini tidak berani mereka surfing sebab takut nanti kena bom. Mereka tidak bisa berbuat apa-apa, selain melapor kejadian tersebut,” ujarnya.

Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan, Edi Sukarni membenarkan segera membuat pos terpadu di lokasi tersebut. Sebelum bekerja petugas akan diberikan pelatian untuk penyelamatan.

“Tahun ini akan disiapkan pos jaga dan dilengkapi dengan radio. Jadi kalau ada aktivitas bom disana bisa segera melapor ke DKP dan kepolisian,” tutupnya.
(rsa)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.2570 seconds (0.1#10.140)