KPUD segera lantik anggota PPS susulan

Selasa, 15 Januari 2013 - 21:44 WIB
KPUD segera lantik anggota...
KPUD segera lantik anggota PPS susulan
A A A
Sindonews.com - Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Empatlawang akan melantik anggota Panitia Pemungutan Suara (PPS) yang belum ikut pelantikan beberapa waktu lalu.

Jumlah PPS yang belum dilantik sebanyak 12 orang. Mereka masing-masing berasal dari Kecamatan Tebing Tinggi sebanyak enam orang, Muara Pinang (3), Pendopo (2), serta Ulu Musi (1).

Mereka menyusul dilantik karena tidak hadir saat pelantikan PPS pada 8 Januari 2013 lalu.

Ketua KPUD Empatlawang Murroaimin Zahri membenarkan ada 12 orang anggota PPS yang sudah dinyatakan lulus yang belum dilantik. Sehingga pihaknya mengagendakan pelantikan anggota PPS susulan.

“Ada 12 orang dan rencananya akan kita lantik besok di kantor KPUD Empatlawang,” ujarnya di kantor KPU Empatlawang, Selasa (15/1/2013).

Menurutnya, karena tahapan Pilkada Empatlawang sudah dimulai dan pihaknya sudah menerima DP4 yang harus segera diolah, jika anggota PPS yang belum dilantik juga tidak datang dan tanpa alasan maka dianggap mengundurkan diri dan akan segera digantikan.

“Sesuai dengan pleno KPUD, jika mengundurkan diri maka akan diganti dengan peserta yang rankingnya dibawah yang tiga besar yang dinyatakan lulus,” ujarnya.

Sementara itu, Komisioner KPU Propinsi Sumatera Selatan Ong Berlian mengatakan, mekanisme atau pelantikan susulan anggota PPS memang dibenarkan.

“Boleh dilakukan pelantikan susulan, asalkan sesuai dengan mekanisme,” ujarnya.
(ysw)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.1025 seconds (0.1#10.140)