Tilep uang negara, 57 PNS mangkir sidang

Jum'at, 14 September 2012 - 03:03 WIB
Tilep uang negara, 57 PNS mangkir sidang
Tilep uang negara, 57 PNS mangkir sidang
A A A
Sindonews.com - Sebanyak 57 dari 77 orang Pengawai Negeri Sipil (PNS) yang masih memilik tungggakan kepada Negara, tidak memenuhi panggilan alias mangkir tim Tuntutan Pengembalian Tuntutan Ganti Rugi negara/daerah (TPTGR) Kabupaten Luwu Utara (Lutra) pada sidang yang gelar, kemarin.

Sidang ini merupakan sidang ke-3 pasca di terimanya hasil audit BPK terhadap LKPj bupati 2011 yang dipimpin ketua tim TPTGR Indah Putri Indriani didampingi Ketua tim tindaklanjut TPTGR Lutra. Mudjahidin Ibrahim, anggota. Kusmin Hamseng, Yamsal Patappa, Marthina Simon dan Muh Yamin, berlangsung di ruang pertemuan Sekretaris kabupaten.

Ketua tim tindaklanjut TPTGR Lutra Mudjahiddin Ibrahim mengaku pada sidang tersebut mengundang 77 orang PNS, namun yang memenuhi panggilan hanya 16 orang, dan 4 dianyatakan ditunda persidangannya karena masih memerlukan klarifikasi.

"Sebanyak 57 orang PNS yang tidak mengahadiri undangan persidangan tanpa alasan yang jelas," kata Mudjahidin, Kamis 13 September 2012. Dikatakan, pihaknya akan mengundang kembali untuk disidang terkait temuan BPK tersebut.

Lembaga TPTGR adalah lembaga internal Pemkab Lutra yang bertugas untuk mengembalikan uang negara baik itu berupa barang dan fisik serta uang yang menjadi temuan BPK.

"Sidang TPTGR bersifat perdata dalam rangka mengembalikan uang negara. Namun jika dalam proses tersebut PNS yang diduga terlibat berdasarkan temuan BPK tidak memiliki niat untuk mengembalikan maka akan ditindaklanjuti melalui proses hukum di kepolisian maupun di kejaksaan," paparnya.

Sementara itu anggota TPTGR Yamsal Patappa yang juga Kepala Inspektorat Pemkab Lutra, mengatakan dari sidang terungkap komitmen akan mengembalikan temuan tersebut.

"Secara umum memiliki komitmen akan mengembalikan kerugian negara, walaupun dilakukan secara berangsur-angsur," pungkasnya.
(ysw)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.9137 seconds (0.1#10.140)