Santri Ponpes di Kaliwungu Selatan Kendal Positif COVID-19

Senin, 06 April 2020 - 16:20 WIB
Santri Ponpes di Kaliwungu Selatan Kendal Positif COVID-19
Santri Ponpes di Kaliwungu Selatan Kendal Positif COVID-19
A A A
KENDAL - Seorang santri sebuah pondok pesantren di Kecamatan Kaliwungu Selatan, Kabupaten Kendal, Jawa Tengah positif terinfeksi COVID-19. Pasien sempat dirawat di sebuah rumah sakit di Kendal dan dipulangkan ke pondok karena tidak menunjukan gejala. Namun hasil tes swab menunjukan positif COVID-19. Sehingga Senin siang (6/4/2020) dijemput petugas kesehatan untuk menjalani perawatan di ruang isolasi.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Kendal Ferinando Rad Bonay menyampaikan, ada satu santri sebuah pondok pesantren di Kecamatan Kaliwungu Selatan positif COVID-19 yang bersangkutan sudah dijemput dari pondok pesantren untuk menjalani perawatan di ruang isolasi di sebuah rumah sakit di Kendal. (Baca: Penularan Empat Kasus Positif Corona di Palangka Raya Berasal dari Lokal)

Ferinando menegaskan, pasien yang berusia 10 tahun ini sempat pulang ke rumahnya di Solo kemudian yang bersangkutan kembali ke pondok pesantren dan mengeluh batuk serta demam.

Sempat diisolasi di pondok pesantren oleh pengasuhnya namun tanggal 31 Maret 2020 dirujuk ke rumah sakit.

Selama hampir lima hari dirawat pasien kesehatannya membaik dan oleh rumah sakit diizinkan pulang meski hasil swab belum keluar.

Setelah mengetahui hasil pemeriksaan menyatakan, yang bersangkutan positif COVID-19 santri tersebut kembali dijemput rumah sakit Senin pagi untuk menjalani perawatan di ruang isolasi.

Pihak Puskesmas Kaliwungu Selatan sudah melakukan pemantauan dan mencari keterangan riyawat kontak pasien selama ini.

Ferinando mengatakan, jumlah warga Kendal yang positif dan dirawat di rumah sakit daerah lain ada dua orang dan yang dirawat di rumah sakit di Kendal ada satu orang. Sedangkan jumlah pasien dalam pengawasan berjumlah sembilan orang ODP 115 dan dinyatakan sembuh 11 orang.
(sms)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4283 seconds (0.1#10.140)