Wisata Hiu Paus, Legenda Pariwisata Alam Indonesia

Rabu, 18 Maret 2020 - 18:48 WIB
Wisata Hiu Paus, Legenda Pariwisata Alam Indonesia
Wisata Hiu Paus, Legenda Pariwisata Alam Indonesia
A A A
SUWAWA - Ingin merasakan berenang dengan Hiu Puas, segera berkunjung ke Pantai Botubarani Kabupaten Bone Bolango, Provinsi Gorontalo. Selasa (17/03/20) Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Kabupaten Bone Bolango Hi. Lukman A. Daud menjelaskan, bahwa wisata Hiu Paus ini adalah legenda pariwisata alam Indonesia.

"Unggulannya itu adalah alam, sekaligus ekowisata, menyangkut hutan dan laut seperti yang sekarang ini kita nikmati di Wisata Hiu Paus Botubarani. Lokasi wisata ini, adalah anugerah dari Tuhan bagi kita semua, yang patut untuk dilestarikan dan di jaga," ujarnya.

Sedikit berbeda dengan daerah lain, masyarakat yang ingin menyaksikan Hiu Paus berenang di air, harus dengan jarak yang jauh. Tetapi di Kabupaten Bone Bolango sendiri, Ia ungkapkan masyarakat bisa menyaksikan dari dekat bahkan berenang bersama Hiu Paus, dengan syarat yang wajib dipatuhi tentunya.

"Aturannya itu, kita jangan menyentuh Hiu Pausnya, hanya sekedar menyaksikan atau berenang bareng dengan Hiu Paus nya. Sebelum melakukan penyelaman dengan Hiu Paus, ada beberapa aturan yang pastinya akan di sampaikan oleh petugas di lokasi wisata," jelas Lukman.

Pemeliharaan atas lokasi wisata Hiu Paus ini tentu terus menjadi perhatian khusus oleh Pemerintah Kabupaten Bone Bolango, melalui instansi terkait. Karena, selain memberikan dampak terhadap peningkatan jumlah wisatawan ke daerah, lokasi wisata ini memberikan peluang bagi masyarakat dalam meningkatkan perekonomian mereka.

Tidak hanya itu, sebagai salah satu lokasi wisata yang sudah terkenal di manca negara, Pemerintah Kabupaten Bone Bolango sendiri sudah mengatur dan memiliki jadwal baik tanggal, hari dan tahun kapan Hiu Paus ini berada di Laut Botubarani.

"Kami menyebutnya kalender wisata. Ini sudah kami miliki, selain menjadi informasi bagi wisatawan agar bisa menyaksikan Hiu Paus, juga menjadi media bagi kami untuk mengontor kedatangan Hiu Paus, salah satuny waktu untuk memberikan makan terhadap Hiu Paus," tutur Lukman.
(atk)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4275 seconds (0.1#10.140)