200 Foto Karya Mahasiswa IKO FISIP UMSU Dipamerkan di TBSU Medan

Sabtu, 14 Maret 2020 - 20:54 WIB
200 Foto Karya Mahasiswa IKO FISIP UMSU Dipamerkan di TBSU Medan
200 Foto Karya Mahasiswa IKO FISIP UMSU Dipamerkan di TBSU Medan
A A A
Suasana Aula Utama Taman Budaya Sumatera Utara (TBSU), Jalan Perintis Kemerdekaan, Kota Medan hari ini berbeda dari hari biasanya. Ratusan foto bertema bertema Human Interest Budaya Sumatera Utara tampak menghiasi dinding yang ada di aula TBSU tersebut.

Sebanyak 200 foto hasil karya mahasiswa Program Studi Ilmu Komunikasi (Prodi IKO) FISIP Univeristas Muhammadiyah Sumatera Utara (UMSU) dipamerkan di aula TBSU itu selama dua hari Sabtu-Minggu, 14-15 Maret 2020. Pameran foto yang dibuka resmi Wakil Rektor 3 UMSU Rudianto mendapat sambutan dan antusias mahasiswa dan undangan lainnya.

Event ameran ini terlihat menarik, karena selain bantuan pencahayaan, foto-foto yang dipamerkan juga penuh warna-warni berlatar bingkai hitam. Di bawah foto yang dipamerkan tertulis nama masing-masing mahasiswa pemilik foto, kelas, dan nomor pokok mahasiswa.

Ketua Panitia, Muhammad Husin mengatakan, foto-foto itu murni hasil karya mahasiswa Prodi IKO angkatan 2018. "Idenya muncul di kelas ketika mengikuti mata kuliah Fotografi yang diasuh dosen Pak Muhammad Said Harahap. Kami semua sepakat untuk melaksanakan pameran foto hasil karya kami sendiri setelah belajar di kelas," jelasnya.
200 Foto Karya Mahasiswa IKO FISIP UMSU Dipamerkan di TBSU Medan

Selain pameran foto, kegiatan itu juga diisi live music, stand up comedy, dan workshop fotografi. Workhsop fotografi mendatangkan narasumber Septianda Perdana dan Putra Siagian. Muhammad Said Harahap, dosen pengasuh mata kuliah Fotografi menyambut positip ide dan kreasi mahasiswanya.

"Saya senang dengan adanya pameran foto ini. Antusiasme mahasiswa untuk ikut memamerkan foto hasil karyanya sangat tinggi. Fotonya bagus-bagus. Semuanya mereka yang mengerjakan, dari memoto di lapangan, mengedit, mencetak, membingkai, serta melaksanakan pameran ini," kata Said yang juga Kepala Lab Fotografi FISIP UMSU.

Dekan FISIP Arifin Saleh dalam sambutannya mengatakan, pameran foto hasil karya mahasiswa sebanyak ini jarang dipamerkan. Apalagi hasil karya foto-foto ini muncul dari hasil pembelajaran di kelas dan temanya juga seragam. "Kita patut apresiasi mahasiswa dan dosen pengasuh mata kuliah. Mudah-mudahan ini jadi agenda tahunan Prodi IKO FISIP. Tahun depan giliran angkatan 2019 yang kita harapkan bisa memamerkan hasil karya fotonya," ujarnya.

WR 3 UMSU Rudianto mendukung penuh kegiatan yang dilakukan mahasiswa Prodi IKO. Menurutnya, ini salah satu wujud dari konsep kampus UMSU untuk pembelajaran di luar kelas, seperti yang digaung-gaungkan Menteri Pendidikan Nadim Makarim. "Di saat kementerian sedang menggodok sistem dan aturan mainnya, IKO FISIP sudah melaksanakannya. Apalagi nanti ada juga workshop fotografi. Manfaatkanlah kesempatan ini. Banyak fotografer sukses dari kegiatan-kegiatan seperti ini," katanya.
200 Foto Karya Mahasiswa IKO FISIP UMSU Dipamerkan di TBSU Medan

Pada kesempatan itu Rudianto memilih membeli beberapa foto. Acara pembukaan juga dihadiri WD 1 FISIP Zulfahmi Ibnu; WD 3 Abrar Adhani; Ketua Prodi IKO Nurhasanah; Ketua Prodi Kessos Mujahiddin; Sekretaris S2 MIKOM Muhammad Toriq; Kabiro Humas Ribut Priadi; Kepala Lab Penyiaran Faizal Hamzah; Kepala Lab Sospol Sigit Hardiyanto; dan dosen lainnya.

Sebelumnya, Ketua Pewarta Foto Indonesia (PFI) Medan Rahmat Suryadi mengaku kagum dengan kreativitas mahasiswa IKO FISIP UMSU. "Saya sudah keliling. Fotonya bagus-bagus. Perkembangan dan persaingan fotografi di Sumut cukup cepat dan ketat. Alhamdulillah, IKO FISIP sudah unggul dengan yang lain. Kebutuhan fotografer seringkali terpenuhi dari alumni IKO FISIP,” kata Rahmad yang ikut memberi apresiasi dengan membeli beberapa foto.
(rhs)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.4953 seconds (0.1#10.140)