Dinas Dukcapil Pasangkayu Hadiri Rakornas

Selasa, 26 November 2019 - 18:51 WIB
Dinas Dukcapil Pasangkayu Hadiri Rakornas
Dinas Dukcapil Pasangkayu Hadiri Rakornas
A A A
JAKARTA - Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Pemerintah Kabupaten Pasangkayu mengikuti Rapat Koordinasi II Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) yang dilaksanakan Direktorat Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Ditjen Dukcapil) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), Senin (25/11/2019).

Rakornas yang dibuka oleh langsung Mendagri Tito Karnavian dan berlangsung 25 s.d 27 November 2019 diikuti para kepala dinas Dukcapil provinsi dan kabupaten/kota seluruh Indonesia, selain itu kepala BPS seluruh Indonesia.

Kadis Dukcapil Pasangkayu Musbar Lasibe usai mengikuti kegiatan menjelaskan, Rakornas II saat ini, lebih pada penekanan persiapan daerah yang melaksanakan Pilkada serentak 2020. Tapi bukan hanya itu, Ditjen Dukcapil juga meluncurkan Anjungan Dukcapil Mandiri (ADM).

Masyarakat ingin menggunakan ADM bisa datang ke Dinas Dukcapil untuk mendapatkan PIN dan password. Setelah mendapatkan PIN masyarakat dapat mencetak dokumen kependudukan yang dibutuhkan dan bisa menggunakan mesin ADM selama dua tahun dengan PIN tersebut.

"Kalau mau cetak KK, ajukan permohonan cetak KK. Nanti petugas Dukcapil akan mengirim notifikasi lewat SMS: 'Ini nomor Anda untuk mencetak KK'. Proses sederhananya seperti itu. ADM ini juga bisa melayani penduduk di luar domisili, misalnya kalau e-KTP hilang di jalan bisa mendatangi ADM utk mencetak e-KTP," jelas Musbar.

Rakornas II Dukcapil tahun ini Lanjut mantan Asisten II, menjadi momentum yang sangat luar biasa bagi Dukcapil. Sebab dalam rakornas II ada penandatanganan nota kesepahaman antara Ditjen Dukcapil Kemendagri dengan BPS. Sensus Penduduk 2020 (SP2020) akan menggunakan semua data kependudukan Dukcapil untuk untuk seluruh proses pelaksanaan di seluruh Indonesia.
(akn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7468 seconds (0.1#10.140)