Situasi Terkendali, TNI-Polri Jamin Keamanan di Wamena

Minggu, 29 September 2019 - 21:17 WIB
Situasi Terkendali, TNI-Polri Jamin Keamanan di Wamena
Situasi Terkendali, TNI-Polri Jamin Keamanan di Wamena
A A A
JAKARTA - Jajaran TNI-Polri melakukan sinergitas untuk menjamin situasi keamanan di Wamena Papua. Saat ini, kondisi di Bumi Cenderawasih itu sudah aman dan terkendali.

Kadiv Humas Polri Irjen Mohammad Iqbal membantah apabila saat ini kondisi di Wamena masih tidak terkendali. Pasalnya, dia menegaskan, saat ini, Wamena dalam keadaan normal.

"TNI-Polri menjamin keamanan di Wamena, tidak benar jika saat ini kondisi di Wamena tidak terkendali," kata Iqbal di Jakarta, Minggu (29/9/2019).

Selain sinergitas TNI-Polri, situasi Wamena berangsur baik dan normal setelah dilakukannya pertemuan dengan para tokoh agama, masyarakat, kepala suku dan pemuka lainnya untuk meredam insiden yang sempat terjadi.

"Sudah beberapa kali melakukan dialog dangan tujuan untuk bersama menjaga Wamena dan sekitarnya terus aman," ujarnya.

Di sisi lain, Iqbal mengungkapkan bahwa, Kepala Suku Lembah Baliem, Wamena, juga meminta para pendatang untuk tidak mengungsi.

"Karena yakin masyarakat asli Wamena sangat mencintai masyarakat Papua pendatang dan yakin para perusuh adalah kelompok di luar Wamena," kata Iqbal.

Untuk saat ini, jumlah pengungsi yang telah tiba di Jayapura sekira 3.213 orang, dan saat ini masih tinggal di pengungsian berjumlah 543 orang.
(mhd)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5761 seconds (0.1#10.140)