Kembangkan Ekonomi Kerakyatan Kader PKK Bentuk Kelompok Usaha

Senin, 16 September 2019 - 18:08 WIB
Kembangkan Ekonomi Kerakyatan Kader PKK Bentuk Kelompok Usaha
Kembangkan Ekonomi Kerakyatan Kader PKK Bentuk Kelompok Usaha
A A A
KOTA PALU - Wali Kota Palu Hidayat, bersama beberapa Pimpinan OPD lingkup Pemerintah Kota Palu menghadiri Jambore Kader PKK tingkat Kota Palu di Taman Gor, Senin (16/9/2019).

Kegiatan yang dirangkaikan dengan peringatan Hari Kesatuan Gerak (HKG) PKK ke-47 tersebut juga dihadiri langsung oleh Ketua Tim Penggerak PKK, Irmawaty Hidayat.

Dalam sambutannya, Wali Kota Palu menyampaikan apresiasi dan penghargaan setinggi-tingginya atas terlenggaranya jambore tersebut yang diharapkan dapat membawa manfaat bagi masyarakat khususnya perempuan Kota Palu.

"Kegiatan ini jangan hanya jadi ajang seremonial saja akan tetapi menjadi momen saling silaturrahim antara kita demi membangun masyarakat yang betul-betul menjunjung tinggi kekeluargaan, toleransi dan kegotong-royongan," ungkap Wali Kota.

Selain itu, Wali kota juga menyampaikan beberapa hal yang menjadi program Pemerintah Kota Palu melalui misi "Kelurahan Inovasi Unggul dan Mandiri berbasis Iptek bagi kemandirian ekonomi kerakyatan."

Wali Kota meminta agar Tim Penggerak PKK Kota Palu membentuk kelompok-kelompok usaha masyarakat yang terdiri dari lima orang dalam satu kelompok untuk mengembangkan ekonomi kerakyatan tersebut.

"Bentuk kelompok-kelompok usaha di tengah masyarakat kita dengan memperhatikan tiga hal yaitu skill, bahan baku dan pasarnya di masyarakat ada atau tidak. Satu kelompok paling banyak lima orang dan kita akan biayai," ungkap Wali kota.

Wali Kota mencontohkan salah satu kelompok usaha yang dapat dibentuk yaitu dibidang produksi bawang goreng. Dimana ada 40 hektare lahan baru yang sudah dibuka untuk memproduksi bawang goreng.

"Jangan sampai lahan sudah kita buka akan tetapi orang yang menggoreng tidak ada. Makanya kita mendorong para perempuan PKK coba bentuk kelompok usaha dalam pengelolaan bawang goreng ini," ujar Wali Kota.

Jambore Kader PKK ini dimeriahkan dengan berbagai ajang lomba di antaranya lomba Yel-yel, penyuluhan narkoba, simulasi pola asuh anak, senam lansia, penyuluhan kesehatan lingkungan dan lomba-lomba lainnya.
(alf)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6658 seconds (0.1#10.140)