RPH Makassar Berbenah Menuju RPH Modern

Senin, 20 Mei 2019 - 14:48 WIB
RPH Makassar Berbenah Menuju RPH Modern
RPH Makassar Berbenah Menuju RPH Modern
A A A
MAKASSAR - Rumah Potong Hewan (RPH) Tamangapa di Kelurahan Tamangapa, Kecamatan Manggala akan segera berbenah menuju RPH modern. Hal ini diutarakan Sekretaris Daerah Kota Makassar Muhammad Ansar saat memimpin rapat revitalisasi RPH Tamangapa di Ruang Rapat Sekda, Senin (20/5/2019).

"Berdasarkan tinjauan Pj Wali Kota Makassar, dan melihat kondisi saat ini yang ada di RPH maka akan dilakukan segera beberapa perbaikan sarana dan prasana," ujar Sekda Makassar Muhammad Ansar.

Ia melanjutkan ada banyak hal yang harus dibenahi di antaranya kondisi jalan masuk, cara penyembelihan hewan maupun peletakan daging sesaat setelah disembelih.

Sekda Ansar juga mengatakan perlu diperhatikan ketersediaan air bersih yang ada di RPH agar daging bisa terjamin kebersihannya.

Revitalisasi RPH mulai ramai di gulirkan sejak tahun 2015 silam. Kini kembali akan menjadi fokus Pemerintah Kota Makassar bersama SKPD terkait.

Perbaikan sarana RPH tersebut penting untuk sertifikasi halal dari MUI. Selain itu juga agar fungsi RPH bisa diefektifkan dengan baik dan dapat menjadi terminal pusat daging di Makassar.

Permasalahan anggaran yang menjadi persoalan pokok dalam pengembangan RPH juga turut menjadi pembahasan penting dalam rapat tersebut.

Pertemuan dihadiri Kepala Bappeda dr Andi Iriani, Kepala Dinas Perikanan dan Pertanian (DP2) Evi Apriliyati, Asisten II Pemkot Makassar Andi Irwan Bangsawan, Staf Ahli Andi Bukti Djufri, Dirut RPH Beni Iskandar, dan beberapa SKPD.
(alf)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7339 seconds (0.1#10.140)