Jalan Nasional Siantar-Parapat Lumpuh, 2 Mobil Tertimbun Longsor

Selasa, 18 Desember 2018 - 19:16 WIB
Jalan Nasional Siantar-Parapat Lumpuh, 2 Mobil Tertimbun Longsor
Jalan Nasional Siantar-Parapat Lumpuh, 2 Mobil Tertimbun Longsor
A A A
SIMALUNGUN - Ruas jalan nasional penghubung Kota Pematangsiantar-Simalungun, Sumatera Utara lumpuh akibat longsor, Selasa (18/12/2018), sekitar pukul 13.30 WIB. Lokasi longsor berada di Desa Sibaganding Kecamatan Girsang Sipanganbolon, Kabupaten Simalungun.

Longsor dari perbukitan di sisi jalan menyebabkan badan jalan tertutup tanah. Satu truk dan satu mobil minibus terkena material longsor sehingga tidak dapat dilalui kendaraan.

Kepala Dinas Perhubungan Pemkab Simalungun, Ramadani Purba menginformasikan, untuk sementara arus lalulintas diberlakukan satu arah dan kendaraan yang datang dari arah Pematangsiantar dan Simalungun menuju kawasan pantai barat tidak dapat melintas sama sekali.

Namun kendaraan yang datang dari arah pantai barat menuju Kota Pematangsiantar dan Simalungun masih bisa melintas melalui jalur alternatif masuk dari Desa Girsang dan keluar di Simpang Palang.

"Kendaraan yang datang dari Pematangsiantar menuju kawasan Pantai Barat tidak dapat melintas dan diarahkan kembali ke Pematangsiantar. Namun dari daerah Tapanuli menuju Pematangsiantar masih bisa melintas," ujar Ramadani.

Ramadani mengatakan, pihaknya masih belum dapat membersihkan timbunan tanah yang menutup jalan karena curah hujan masih tinggi dan alat berat sulit menjangkau lokasi longsor.

Sekretaris Camat Girsang Sipanganbolon, Doni Sinaga menambahkan sebelumnya pada dini harinya sudah terjadi longsor di lokasi yang sama. Namun sudah dibersihkan pemerintah kecamatan dan warga sehingga arus lalulintas kembali normal pada pagi hari.

Namun sekitar pukul 13.30 WIB longsor kembali terjadi dan menutup badan jalan sehingga membuat arus lalulintas macet total. Tidak ada korban jiwa dalam kejadian longsor tersebut. Pembersihan badan jalan masih diupayakan.

Anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI Parlindungan Purba mendesak Kementerian Pekerjaan Umum untuk segera turun tangan mengatasi longsor tersebut. "Kementerian PU saya minta segera turun tangan, sehingga arus lalulintas dari Pematangsiantar menuju kawasan Pantai Barat tidak terlalu lama lumpuh, apalagi sudah mendekati Natal," kata Parlindungan.
(rhs)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.5026 seconds (0.1#10.140)
pixels