Bupati Musi Banyuasin Jadi Pembicara di Konferensi Perubahan Iklim PBB

Rabu, 12 Desember 2018 - 13:59 WIB
Bupati Musi Banyuasin Jadi Pembicara di Konferensi Perubahan Iklim PBB
Bupati Musi Banyuasin Jadi Pembicara di Konferensi Perubahan Iklim PBB
A A A
MUSI BANYUASIN - Bupati Musi Banyuasin (Muba) menjadi pembicara kehormatan pada konferensi Perserikatan Bangsa Bangsa tentang perubahan iklim di Katowice, Polandia, Senin (10/12/2018).

Dodi Reza Alex berbicara mengenai kebijakan lingkungan untuk perubahan iklim, salah satunya mengenai pembangunan berkelanjutan (Sustainable Development Goals) di Kabupaten Musi Banyuasin yang terus digalakkan dan saat ini menjadi sorotan negara-negara di dunia.

Dalam keterangan tertulis yang diterima Sindonews, Selasa (11/12/2018) dari Kabag Humas Pemkab Muba, Herryandi Sinulingga, dalam kesempatan tersebut Dodi Reza Alex juga memaparkan pengelolaan sumber daya alam yang tepat dan bertanggung jawab dengan fokus khusus pada perlindungan lingkungan (tata kelola pertumbuhan hijau) yang sudah dilakukan di Kabupaten Musi Banyuasin.

Salah satunya upaya yang berhasil dilakukan Dodi menjadikan Kabupaten Muba sebagai pilot project nasional peremajaan sawit rakyat milik petani mandiri yang sudah terlaksana di atas lahan seluas 4.446 hektar.

Di depan peserta yang berasal Korea, Afrika Selatan, dan Inggris dan lainnya, Dodi Reza Alex Noerdin memaparkan pula proyek pengelolaan lanskap di Muba yang dirancang sebagai program percontohan untuk pengelolaan lanskap di lanskap Sembilang-Dangku di Kabupaten Musi Banyuasin.

Serta perwujudan juridiction sertifikasi atas areal komoditi sehingga mengarah pada verifikasi soursing area (VSA), kejelasan rantai pasok bagi produk sawit dan karet sehingga diharapkan produk CPO dan karet di Musi Banyuasin bisa dilacak balik asal usulnya sehingga kita mampu menyatakan bahwa keluaran turunan sawit dan karet kita tidak bermasalah dengan kontek lingkungan/deforestasi.

Bupati Dodi yang juga merupakan Ketua Lingkar Temu Kabupaten Lestari (LTKL) telah mendapatkan pengakuan secara nasional dan mendapatkan penghargaan dari Kementerian PUPR sebagai kepala daerah yang sukses dalam mengimplementasikan inovasi pembangunan di daerah dengan program pembangunan jalan aspal bercampur karet yang telah diakui oleh Presiden Joko Widodo sebagai terobosan mendongkrak harga karet di kalangan petani.

Dodi Reza pada peringatan hari Perkebunan ke-61, Senin (10/12/2018) mendapatkan penghargaan sebagai kepala daerah yang peduli pembangunan perkebunan berkelanjutan dari Kementerian Pertanian.
(akn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.5348 seconds (0.1#10.140)