Lidah Api Capai 12 Meter, Gunung Ciremai Masih Terbakar

Kamis, 04 Oktober 2018 - 22:15 WIB
Lidah Api Capai 12 Meter, Gunung Ciremai Masih Terbakar
Lidah Api Capai 12 Meter, Gunung Ciremai Masih Terbakar
A A A
MAJALENGKA - Kebakaran lahan dan hutan di Gunung Ciremai, Kuningan, Jawa Barat belum bisa dipadamkan hingga Kamis (4/10/2018) sore. Kecepatan angin yang cukup tinggi membuat kobaran api terus menjalar.

Seperti rilis yang diterima SINDOnews, api melewati sekat yang dibuat petugas. Hingga Kamis (4/10/2018) sore, setidaknya terdapat enam blok yang terbakar. "Kebakaran belum padam hingga saat ini. Kondisi angin kencang dengan lidah api mencapai 8 meter sampai 12 meter menjadikan api terus melaju melewati sekat bakar yang telah dibuat selebar 8 meter," kata Kepala Balai Taman Nasional Gunung Ciremai (TNGC), Koeswandono.

"Lokasi yang sudah terbakar sampai saat ini mencakup wilayah Blok Leles, Blok Karang Dinding, Blok Panjak Roma, Blok Gibug, Blok Pangguyangan serta Blok BSB," katanya.

Hingga pukul 18.00 WIB, api bergerak sampai kawasan Kebun Raya Kuningan (KRK), berbatasan dengan Batuluhur. "Tim gabungan standby di Batuluhur untuk menjaga api menjalar melintas jalan raya ke arah bawah atau areal Pemulihan Ekosistem Pajaten (kerjasama dg JICS)," katanya.

Sementara, hari ini tim gabungan yang terdiri dari 87 orang bergerak menangani kebakaran di Gunung Ciremai. Mereka disebar ke beberapa titik untuk memastikan api tidak menjalar lebih jauh.

"Tim gabungan terdiri dari petugas TNGC, MPA Pasawahan, masyarakat pengelola ODTWA Bukit Kahiyang, MPA Padabeunghar, pengelola ODTWA Batu Luhur, Polres Kuningan, BPBD, Pihak Kecamatan Pasawahan dan Pencita Alam," katanya. (Baca Juga: Puluhan Hektare Lahan Hutan di Gunung Ciremai Kembali Terbakar(amm)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.9460 seconds (0.1#10.140)