Kebakaran, 10 Hektare Perkebunan Karet PTPN IX Ludes Dilalap Api

Minggu, 16 September 2018 - 19:10 WIB
Kebakaran, 10 Hektare...
Kebakaran, 10 Hektare Perkebunan Karet PTPN IX Ludes Dilalap Api
A A A
SRAGEN - Kebakaran melanda lahan perkebunan karet milik PTPN IX di Kecamatan Kedawung, Kabupaten Sragen, Jawa Tengah, Minggu (16/9/2018) siang. Banyaknya material kering serta kencangnya tiupan angin membuat api sulit dipadamkan. Tak kurang dari 10 hektare lahan perkebunan karet PTPN IX ludes terbakar. Kerugian ditaksir mencapai ratusan juta rupiah.

Menurut keterangan Pariyo, salah satu karyawan PTPN IX di lokasi kejadian, kebakaran terjadi sekitar pukul 12.00 WIB. Api pertama kali diketahui oleh warga yang sedang lewat lokasi tersebut. Warga yang awalnya berusaha melakukan pemadaman secara manual gagal melokalisir api.

“Banyaknya kayu dan daun kering serta kencangnya tiupan angin membuat kobaran api semakin sulit dijinakkan,” kata Pariyo.

Kebakaran diduga akibat ulah manusia yang berbatasan langsung dengan lahan perkebunan karet. Bara api pembakaran sampah diduga tertiup angin dan memicu kebakaran di lahan perkebunan karet.

Sementara itu, menurut Kapolsek Kedawung AKP Bambang Susilo, tiga mobil pemadam kebakaran dikerahkan untuk memadamkan api di perkebunan karet. Lokasi lahan perkebunan karet berdekat dengan permukiman. Karena sulitnya upaya pemadaman petugas hanya bisa fokus untuk melokalisir api agar tidak merembet ke permukiman warga. Sekitar 2 jam api berkobar dan melalap 10 hektare lahan perkebunan karet.
(amm)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.1332 seconds (0.1#10.140)