1.000 Hektare Hutan di Pekalongan Diserahkelolakan kepada Rakyat

Kamis, 06 September 2018 - 19:47 WIB
1.000 Hektare Hutan di Pekalongan Diserahkelolakan kepada Rakyat
1.000 Hektare Hutan di Pekalongan Diserahkelolakan kepada Rakyat
A A A
PEKALONGAN - Sebanyak 1.000 hektare lahan hutan milik Perhutani di wilayah Kabupaten Pekalongan, Jawa Tengah diserahkan kepada masyarakat dengan teknis ekosistem ekonomi rural atau menyerahkan pengelolaan kepada petani atau Badan Usaha Milik Rakyat (BUMR). BUMR yang sudah berjalan nantinya bisa dimanfaatkan oleh para pemuda sekitar desa, agar tidak jauh-jauh pergi ke kota mencari kerja.

Penyerahan lahan dilakukan Pemkab Pekalongan bersama Perhutani Kesatuan Pemangku Hutan (KPH) Pekalongan Timur dan Universitas Gadjah Mada (UGM) di Desa Kaliombo, Kecamatan Paninggaran, belum lama ini. Selain jajaran Pemkab Pekalongan dan Muspida setempat, juga hadir jajaran Ditjen Perkebunan Kementerian Pertanian, PT Perhutani, pimpinan UGM dan Direktur PT Pagilaran.

"Sinergi tiga pihak ini adalah kerja sama pemanfaatan lahan untuk pengembangan tanaman teh. Secara aspek sosial, program ini bertujuan untuk memberikan akses ke masyarakat guna menanam tanaman agroforestry dan bimbingan teknis agar hasilnya berkualitas dan produktif," kata Bupati Pekalongan Asip Kholbihi.

Penyerahan lahan hutan kepada rakyat tersebut dalam rangka membangun ekonomi di tingkat masyarakat. Sebagai percontohan, untuk tahap awal diserahkan lahan seluas 1.000 hektare di wilayah Desa Kaliombo, Kecamatan Paninggaran. Asip Kholbihi menegaskan, kegiatan penyerahan lahan untuk bisa dikelola oleh para petani ini merupakan yang pertama di Indonesia.

Di wilayah Kabupaten Pekalongan sendiri terdapat 29.000 hektare lahan PT Perhutani, 3.000 hektare di antaranya tidak boleh dikelola karena masuk dalam wilayah hutan lindung. Sedangkan 26.000 hektare lainnya bisa dimanfaatkan untuk petani. Luasan lahan hutan tersebut meliputi wilayah Kecamatan Lebakbarang, Paninggaran, dan Petungkriyono.
(amm)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8514 seconds (0.1#10.140)