Miris! Di Madina Satu Ruangan Dibagi Tiga Kelas

Kamis, 19 Juli 2018 - 16:52 WIB
Miris! Di Madina Satu Ruangan Dibagi Tiga Kelas
Miris! Di Madina Satu Ruangan Dibagi Tiga Kelas
A A A
MANDAILING NATAL - Sistem pendidikan di Kabupaten Mandailing Natal (Madina), Sumatera Utara (Sumut), masih memprihatinkan. Hingga saat ini masih ada sekolah yang menerapkan satu ruangan dibagi tiga kelas.

Adalah Sekolah Dasar Negeri (SDN) Desa Kunkun, Kecamatan Natal, Kabupaten Madina yang masih menerapkan sistem belajar mengajar seperti itu. Hal ini terjadi karena terbatasnya sarana dan prasana di sekolah itu. Siswa terpaksa belajar di satu ruangan itu adalah, siswa kelas I, II dan III. Parahnya lagi, lapangan di sekolah tersebut digenangi air setiap hari sehingga menyebabkan anak-anak tidak bisa bermain.

Haris, salah seorang tenaga pengajar di sekolah itu mengatakan, setiap hari siswa harus belajar dengan kelas lain dalam satu ruangan. Kondisi itu tentunya berdampak negatif terhadap pola mengajar yang diterapkan guru kepada siswa.

Tidak jarang ketika salah satu kelas di ruangan tersebut sedang serius belajar, namun siswa di kelas lain yang satu ruangan malah rebut. ”Kadang, siswa kelas III sedang serius, tapi kelas I dan II ribut, jadi proses belajar mengajarnya jadi terganggu,”tuturnya kepada wartawan.

Para siswa kelas I dan II juga saling rebutan tempat duduk, karena keterbatasan kursi di sekolah itu. ”Kalau sudah rebutan pasti rebut, akibatnya siswa lain yang sedang belajar jadi terganggu,” tuturnya.

Ironisnya, kosentrasi siswa juga terganggu, sebab, para siswa harus melihat dan mengikuti sistem belajar tiga kelas. Kondisi tersebut sudah terjadi sejak sekolah itu ada. Sayangnya, hingga saat ini perhatian pemerintah setempat untuk menambah jumlah ruangan di sekolah itu belum ada.
(rhs)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6313 seconds (0.1#10.140)