Jelang IMF, Menko Maritim Temui Ahli Gunung

Jum'at, 06 Juli 2018 - 06:00 WIB
Jelang IMF, Menko Maritim...
Jelang IMF, Menko Maritim Temui Ahli Gunung
A A A
JIMBARAN - Menko Maritim Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan, erupsi Gunung Agung tidak akan mempengaruhi perhelatan IMF-World Bank Annual Metting di Bali.

Dia mengatakan telah bertemu dengan beberapa ahli gunung berapi. "Kami sudah bertemu Kepala Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) Pak Kasbandi dan ahli gunung berapi Pak Soerono, mereka mengatakan sangat kecil kemungkinannya akan terjadi letusan seperti tahun 1963. Jadi letusan ini menurut mereka letusan-letusan yang skalanya kecil seperti Sinabung, dan anak Krakatau," katanya.

Luhut menjelaskan, kalaupun terjadi letusan, dampaknya hanya hingga 10-12 km. Menurut ramalan cuaca, jika memang terjadi letusan pada saat Pertemuan Tahunan, angin akan bertiup ke timur. “Kita tidak terlalu khawatir dan tetap mewaspadai," jelasnya.

Sementara itu, Presiden Bank Dunia Jim Yong Kim mempercayakan Menko Maritim terkait situasi Gunung Agung saat ini. "Tidak ada yang bisa memperkirakan apa yang akan terjadi tapi saya percaya dan yakin oleh tim Pak Luhut semua ini akan bisa diatasi," ucapnya.

Dewan Gubernur IMF dan World Bank setiap tahun menyelenggarakan pertemuan rutin yang mendiskusikan perkembangan ekonomi dan keuangan global serta topik pembangunan dan isu-isu global. Acara yang akan diselenggarakan Oktober nanti akan diikuti sekitar 15.000 peserta yang terdiri dari para Gubernur Bank Sentral dan Menteri Keuangan dari 189 negara, sektor swasta, investor, NGO, akademisi, dan kalangan media.

Pihak penyelenggara diharapkan mampu meningkatkan pemasukan di sektor pariwisata, meningkatkan aktivitas ekonomi lokal, menciptakan lapangan kerja, dan mempromosikan investasi dan perdagangan. (Baca Juga: Gunung Agung Erupsi, Semburkan Abu Setinggi 2.800 Meter)
(rhs)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.1485 seconds (0.1#10.140)