Akses Wisata ke Pantai Tanjang Baru Karawang Rusak Parah

Senin, 18 Juni 2018 - 13:23 WIB
Akses Wisata ke Pantai...
Akses Wisata ke Pantai Tanjang Baru Karawang Rusak Parah
A A A
KARAWANG - Wisatawan Pantai Tanjung Baru, Cilamaya Kulon, Karawang, Jawa Barat menggeluhkan buruknya akses masuk ke lokasi tersebut. Jalan sepanjang lebih dari 1 kilometer menuju pantai berlubang dan bergelombang. Kecepatan kendaraan maksimal 5 kilometer perjam. Celakanya jika hujan datang, jalan tersebut tak bisa dilalui karena membahayakan.

Mbah Wilin, 45, warga Lemah Mulya Kecamatan Majalaya Kabupaten Karawang mengaku prihatin melihat kondisi tersebut. Menurutnya, Pemda Karawang seolah olah tutup mata dan tak peduli karena jalan tersebut sudah bertahun tahun dibiarkan rusak. Padahal jika pemda mau peduli dia yakin banyak wisatawan yang datang ke tempat itu.

"Dari tahun ke tahun dibiarkan rusak padahal wisatawan yang datang dikenai retribusi. Untuk mobil Rp50.000 per unit dan sepeda motor Rp10.000. Itu punggutan resmi lho dari pemda," kata Wilian sambil menunjukkan kartu retribusi masuk, Senin (18/6/2018).

Kondisi pantai juga tidak terurus. Sampah berserakan di mana-mana sehingga terkesan jorok dan kotor. "Saya sangat menyayangkan saja sudah aksesnya buruk pantainya juga tak terawat," ujarnya.

Tolet, 43, warga Karawang Kulon mengungkapkan hal yang sama. Sebagai warga setempat dia merasa malu karena jalan tersebut tak kunjung diperbaiki meski sudah tiga kali gonta-ganti bupati. "Seharusnya bupati harus peduli sebab ini mambawa nama baik Karawang," terangnya.

Selain akses ke Pantai Tanjung Baru, sejumlah akses wisata di Karawang kondisinya nyaris hampir sama. Misalnya di Pakis Rengasdengklok. Akses menuju ke pantai ini juga rusak parah. "Tempat wisata itu merupakan parameter suatu daerah. Kalau aksesnya jelek maka jelek juga pengelolaan kotanya," katanya.

Tolet meminta Pemda Karawangu lebih peduli dengan akses menuju tempat wisata. Artinya jangan sampai pemda dianggap tidak peduli. Padahal jika dikelola dengan baik dan infrastrukturnya bagus dia yakin sejumlah tempat wisata di Karawang akan menghasilkan pendapatan asli daeeah (PAD) yang lumayan besar.

"Demi Kota Karawang tercinta kami mohon bupati dan wakilnya peduli dengan infrastruktur. Jangan sudah bertahun tahun dibiarkan rusak," ungkapnya.
(poe)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.1330 seconds (0.1#10.140)