Gunung Merapi Meletus, Objek Wisata di Kawasan TNGM Ditutup

Jum'at, 01 Juni 2018 - 14:30 WIB
Gunung Merapi Meletus, Objek Wisata di Kawasan TNGM Ditutup
Gunung Merapi Meletus, Objek Wisata di Kawasan TNGM Ditutup
A A A
JAKARTA - Meletusnya kembali Gunung Merapi, Jumat (1/6/2018) pukul 08.20 WIB, sedikit banyak mengganggu aktivitas warga yang tinggal di wilayah di sekelilingnya. Meski sebagian besar telah pulang dari tempat pengungsian, tapi mereka tidak boleh melewati batas radius 3 kilometer dari puncak gunung.

Untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, objek wisata kawasan Taman Nasional Gunung Merapi (TNGM) untuk sementara juga ditutup. Objek wisata itu meliputi Tlogo Muncar dan Tlogo Nirmolo (Kaliurang, Sleman), Panguk dan Plunyon (Cangkringan, Sleman), Klangon (Kalitengah, Sleman), Deles (Kemalang, Klaten), dan Jurangrejo (Srumbung, Magelang).

"Pelaku wisata dan pengunjung harap maklum dan menyesuaikan prosedur keselamatan dari petugas penanggulangan bencana," tulis BPBD DIY melalui akun Twitternya, @Pusdalops_diy, Jumat (1/6/2018).

(Baca Juga: Tak Terdampak Erupsi Merapi, Penerbangan di Bandara Adi Sutjipto Normal(Baca Juga: Diguyur Hujan Abu dan Pasir Merapi, Ribuan Warga Mengungsi(Baca Juga: Merapi Kembali Meletus, Bantul Gempa(Baca Juga: Sebaran Abu Vulkanik Gunung Merapi Sampai Semarang
BPBD DIY juga mengonfirmasi bahwa kebakaran hutan di sektor barat laut yang diduga akibat material vulkanik Gunung Merapi telah padam.
Sementara itu, sebaran abu vulkanik Merapi telah menjangkau hingga Ambarawa, Kabupaten Semarang dan Salatiga. Daerah yang paling parah adalah lereng Merapi wilayah Boyolali karena terjadi hujan abu dan pasir.
(amm)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6793 seconds (0.1#10.140)
pixels