Kota Paling Toleran, Manado Rumah Kita Bersama

Senin, 26 Maret 2018 - 14:00 WIB
Kota Paling Toleran, Manado Rumah Kita Bersama
Kota Paling Toleran, Manado Rumah Kita Bersama
A A A
TINGGINYA toleransi antarumat beragama di Kota Manado menuai apresiasi dari Wakil Presiden (Wapres) Republik Indonesia Jusuf Kalla. Menurut JK, sapaan akrab Wapres, Manado memiliki kelebihan dibandingkan daerah lainnya. Daerah ini dikenal sebagai daerah dengan tingkat kerukunan umat beragama paling tinggi. "Salah satu kelebihan Manado yang tidak dimiliki daerah lain yakni kerukunan dan sikap hidup toleran masyarakatnya," puji JK dalam pembukaan Sidang Majelis Sinode (SMS) GMIM ke-79, di Grand Kawamua Convention City (GKIC), Manado, Senin (19/3/2018) pekan lalu.

Apresiasi serupa terlontar dari mulut Duta Besar Amerika Serikat untuk Indonesia Joseph Donovan Jr. Donovan mengakui Manado merupakan daerah potensial dengan sejumlah keunggulan. "Salah satunya toleransi masyarakat yang sangat kental dan sulit ditemui di tempat lain di Indonesia," tutur Donovan.

Wali Kota Vicky Lumentut mengatakan, pengakuan sebagai kota paling toleran harus disyukuri. Sebab, artinya masyarakat Manado mampu menjaga keharmonisan dan kerukunan di antara perbedaan suku, agama, dan ras. Dia mengakui bahwa kerukunan dan sikap hidup penuh toleransi di Kota Manado sudah ada sejak dulu. "Nilai-nilai kerukunan dan toleransi di kota Manado ini sudah ada sejak lama. Ketika saya jadi pemimpin di kota ini, saya terus menjaga, memelihara, dan merawat nilai-nilai kerukunan itu," ujar mantan Ketua Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (Apeksi) itu.

Lumentut berharap, dengan adanya penetapan Manado sebagai kota paling toleran di Indonesia, semangat untuk terus menjaga sikap hidup toleran di tengah masyarakat yang majemuk dan heterogen ini semakin kuat.

Bagaimana cara Wali Kota Manado Vicky Lumentut menjaga toleransi antarmasyarakat di wilayahnya? Simak laporan selengkapnya dalam Edisi Khusus Government Award Majalah SINDO Weekly No 04-07 Tahun 2018 yang terbit Senin (26/3/2018) hari ini.
(amm)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4497 seconds (0.1#10.140)