BBKSDA: Harimau Bonita Tidak Berniat Memakan Manusia

Senin, 12 Maret 2018 - 13:34 WIB
BBKSDA: Harimau Bonita Tidak Berniat Memakan Manusia
BBKSDA: Harimau Bonita Tidak Berniat Memakan Manusia
A A A
PEKANBARU - Harimau sumatera bernama Bonita melakukan penyerangan dan menewaskan dua warga. Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Provinsi Riau menyatakan bahwa harimau liar yang diberi nama Bonita bukan predator pemangsa manusia.

"Bonita itu tidak bermaksud memangsa manusia. Jadi harimau tersebut tidak menjadikan manusia objek sumber makanan," ucap Kepala BBKSDA Riau Suharyono, Senin (12/3/2018).

Hal itu didasari dengan temuan dua warga yang diserang harimau pada 3 Januari 2018 dengan korbannya adalah Jumiati (33), karyawati perusahaan sawit PT THIP dan Yusri Efendi (34) kuli bangunan pada 10 Maret 2018.

"Ini berdasarkan temuan dua korban tersebut. Saat ditemukan jenazah masih utuh tidak dimakan harimau. Harimau tersebut memang membunuh manusia dengan menerkam tengkuknya dan mencakar tubuh korban, tetapi tidak dimangsanya," jelas Suharyono.

Dia mengatakan, ini terjadi karena ada penyimpangan perilaku harimau yang pada umumnya menghindar dari manusia tapi sekarang berada di permukiman.

Untuk itu, petugas meminta agar warga tidak melakukan tindakan berlebihan terhadap hewan buas tersebut. Harimau adalah satwa dilindungi dan termasuk satwa langka.

"Warga kita minta tenang dan menyerahkan hal ini ke petugas. Kita sudah menambah personel untuk menangkap harimau Bonita," ucapnya.
(zik)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3741 seconds (0.1#10.140)