Cacat, Beruang Ini Diserahkan Warga ke BBKSDA

Jum'at, 26 Januari 2018 - 19:53 WIB
Cacat, Beruang Ini Diserahkan Warga ke BBKSDA
Cacat, Beruang Ini Diserahkan Warga ke BBKSDA
A A A
PEKANBARU - Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Riau menerima seekor beruang dari seorang warga. Saat diserahkan kondisi beruang itu dalam keadaan tanpa tangan kanan.

Pengakuan warga yang menemukan beruang itu bernama Tiong Ho menyatakan bahwa pada awalnya dia menemukan beruang madu itu terjerat di sebuah hutan dekat rumahnya. Kemudian hewan itu dipeliharanya.

"Kemarin satwa tersebut diserahkan secara Sukarela oleh seorang warga Lubuk Muda Kecamatan Siak Kecil Kabupaten Bengkalis," kata Humas BBKSDA Riau, Dian Indriati, Jumat (26/1/2018).

Dia menjelaskan, pihak BBKSDA mengapresiasi dengan adanya penyerahan satwa dilindungi itu oleh warga secara sukarela. Saat diserahkan satwa bernama latin helarctos malayanus tersebut kondisinya cacat pada bagian telapak tangan. Satwa langka ini berjenis kelamin jantan dan usianya remaja.

"Saat ini beruang tersebut masih berada di Kantor BBKSDA. Hewan tersebut diserahkan pada 24 Januari 2018," imbuh Dian.

Kepala Seksi Perencanaan, Perlindungan dan Pengawetan BBKSDA Riau, Ujang Holisudin menjelaskan bahwa warga bernama Tiong Ho itu sudah memelihara beruang itu setahun lalu. Saat itu Tiong Ho menemukan beruang tersebut terjerat. Saat dievakuasi kondisinya tangan luka cukup parah.

Kemudian dia membawanya ke rumah dan mengobati. Setelah satu tahun memeliharanya, ada warga melaporkan ke pihak BBKDA kalau ada yang memelihara beruang. Setelah dilakukan pendekatan, akhirnya Tiong Ho mau menyerahkanya ke petugas.

"Warga itu memelihara beruang itu sejak kecil. Setelah diberi pemahaman, akhirnya warga tersebut dengan sukarela menyerahkannya. Beruang merupakan satwa yang dilindungi," tandasnya.
(sms)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4696 seconds (0.1#10.140)