Ini Pesan Indira Yusuf Ismail pada Pelaku UMKM untuk Hadapi MEA

Selasa, 29 Agustus 2017 - 14:30 WIB
Ini Pesan Indira Yusuf Ismail pada Pelaku UMKM untuk Hadapi MEA
Ini Pesan Indira Yusuf Ismail pada Pelaku UMKM untuk Hadapi MEA
A A A
MAKASSAR - Ratusan pelaku usaha mikro, kecilkan menengah (UMKM) menghadiri seminar yang digelar oleh Dinas Koperasi dan UKM Kota Makassar bekerja sama dengan Indomaret di Baruga Anging Mammiri Rujab Walikota, Selasa (29/8/2017).

Kegiatan ini dihadiri Ketua Tim Pembina (TP) PKK Kota Makassar, Indira Yusuf Ismail, narasumber yang berasal dari sektor perbankan, dan akademisi. Seminar tersebut bertujuan untuk mendorong dan menyokong pembinaan UMKM di Kota Makassar agar mampu bersaing dalam era Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA).

Dalam sambutannya, Indira Yusuf Ismail mengapresiasi perhatian Indomaret kepada pelaku UMKM di Kota Makassar dengan mengadakan seminar yang dinilai edukatif itu. Dia berharap para pelaku UMKM bersungguh-sungguh mengikuti seminar. “Edukasi semacam ini sangat dibutuhkan oleh pelaku UMKM karena sangat erat kaitannya dengan persaingan, apalagi menghadapi era pasar ekonomi ASEAN,” kata Indira.

Menurut Indira, Kota Makassar merupakan destinasi bagi beragam kegiatan, baik nasional maupun internasional. Ini memberikan peluang bagi UMKM. Salah satunya untuk membuat produk suvenir dan merchandise kegiatan.

“Kita berharapn suvenir dan merchandise kegiatan dibuat oleh UMKM di Kota Makassar. Saya juga mengajak pelaku UMKM memanfaatkan kesempatan event ICCC dan F8 pada September mendatang untuk memasarkan produk UMKM,” paparnya.

Indira juga mengingatkan agar pelaku UMKM kreatif dan inovatif. Produk-produk harus memenuhi standarisasi mengingat persaingan usaha yang semakin ketat. “Kalau Makassar menuju kota dunia, standar produk yang dihasilkan UMKM Makassar juga harus kelas dunia. Harus layak jual, kalau bisa hingga pasar internasional,” ujar Indira.

Sementara Kepala Diskop dan UKM Kota Makassar, Evy Apryalti dan Brian Afri Kuncoro selaku Development Manager PT Indomarco Cabang Makassar berharap agar UMKM Makassar mampu bersaing menghadapi MEA dan menembus pasar ritel modern.
(mcm)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6461 seconds (0.1#10.140)