Pesan Damai Bobotoh dan Jakmania dari Stadion Patriot Bekasi

Sabtu, 29 Juli 2017 - 17:46 WIB
Pesan Damai Bobotoh dan Jakmania dari Stadion Patriot Bekasi
Pesan Damai Bobotoh dan Jakmania dari Stadion Patriot Bekasi
A A A
BANDUNG - Gerbang perdamaian antara suporter atau Bobotoh Persib dan Jakmania, suporter Persija Jakarta, mulai terbuka. Ini terlihat dari sebuah video berisi pesan damai yang menampilkan keakraban kedua suporter. Video ini pun sedang viral di media sosial (medsos).

Keakraban dua suporter yang bertahun-tahun berseteru tersebut diunggah akun Facebook, Go-Jek Traveloka Liga 1 pada Jumat (28/7/2017) malam. Dalam video berdurasi 59 detik itu, terlihat sejumlah Bobotoh yang diwakili anggota Viking Persib Club (VPC) dan Jakmania berbaur. Mereka menyalakan lilin perdamaian sambil menyanyikan lagu Indonesia Pusaka.

Masing-masing, baik Bobotoh maupun Jakmania terlihat membawa selendang berlogo tim Persib Bandung dam Persija Jakarta. Mereka kompak bernyanyi bersama. Setelah lagu selesai, mereka saling berangkulan. Tampak juga ribuan lilin menyala di lantai dan tangan para peserta aksi damai dalam video itu.

Pemilik akun Facebook menuliskan keterangan atau caption dalam video yang diunggah.
"BERASA MIMPI TAPI NYATA!
SALING BERDAMPINGAN
SEMOGA INI MENJADI AWAL YANG BAIK
Allahuakbar
Ini Real Not Hoax
Sudahi Permusuhan Ini Jak-Bobotoh!


Informasi yang diperoleh, kegiatan tersebut berlangsung di Stadion Patriot Kabupaten Bekasi. Bobotoh, anggota VPC dan Jakmania, menggelar aksi solidaritas bertajuk 1.000 Lilin untuk mengenang wafatnya Ricko Andrean (22) yang meninggal dunia akibat dikeroyok belasan oknum Bobotoh.

Menyikapi video itu, Ketua Umum VPC Heru Joko yang ditemui seusai menyambut kedatangan Ketua MPR Zulkifli Hasan di rumah almarhum Ricko Andrean di Jalan Jembar 1, Cicadas, Kota Bandung, Sabtu (29/7/2017), menyambut baik. Apalagi perdamaian itu inisiatif murni dari pendukung.

“Bagus ya. Itu gerakan dari hati. Keren pisan. Saya senang melihatnya. Semoga perjalanan (perdamaiaan) lancar dan sebenarnya memang begitu, harus damai. Biar (meninggalnya) Rico jadi pembuka kedamaian. Aksi serupa juga akan digelar di Bandung,” kata Heru Joko.
(mcm)
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
berita/ rendering in 0.1358 seconds (11.210#12.26)