Banjir Bangka Belitung, PKPU Kirim Bantuan ke Para Korban

Senin, 24 Juli 2017 - 15:53 WIB
Banjir Bangka Belitung, PKPU Kirim Bantuan ke Para Korban
Banjir Bangka Belitung, PKPU Kirim Bantuan ke Para Korban
A A A
BELITUNG - PKPU Human Initiative memberikan bantuan kepada masyarakat terdampak banjir di Bangka Belitung. Sebanyak 310 paket hygiene kits yang terdiri ember, gayung, deterjen, sabun mandi, sampo, sikat gigi, pasta gigi serta alas tidur.

Bantuan ini untuk meringankan beban masyarakat terdampak banjir di beberapa desa di antaranya Lenggang, Canggu, Baru, Batu Penyu, Slingsing (Kecamatan Gantung), Padang, Baru, Mekar Jaya (Kecamatan Manggar), Belitung Timur. Kebutuhan dasar berupa makanan telah terpenuhi dari bantuan pemerintah setempat dan lembaga non pemerintah lainnya.

Seperti yang diketahui hujan deras sejak Jumat, 14 Juli 2017 hingga Minggu, 16 Juli 2017, menyebabkan banjir di beberapa wilayah. Di Kabupaten Bangka Selatan titik banjir terdapat di Kecamatan Toboali (1 titik) dan Kecamatan Air Gegas (6 titik). Di Kecamatan Payung terdapat 1 titik dan Kecamatan Pulau Besar 1 titik.

Jumlah rumah terendam di Kota Toboali sebanyak 164 unit, Kecamatan Tukak Sadai 94 unit, Kecamatan Air Gegas 45 unit, dan Desa Rias 100 unit. Sarana dan prasarana yang rusak yakni jembatan penghubung Desa Sidoarjo, Kecamatan Air Gegas, jembatan atau gorong-gorong menuju Tanjung Krasak, Tukak Sad.

Di Kabupaten Belitung Timur, enam kecamatan yang terendam banjir yakni Simpang Renggiang, Kelapa Kampit, Dendang, Damar, Gantung, dan Manggar. Jumlah pengungsi di Belitung Timur sebanyak 2.629 jiwa dan tersebar di 14 titik pengungsian.

Berdasarkan data Selasa, 18 Juli 2017 pukul 20.00 WIB, banjir menyebabkan jalan raya dari Gantung menuju Manggar putus. Jembatan Aik Meranti, Desa Selumar, Kecamatan Gantung juga putus.

Di Kecamatan Gantong, beberapa jalan di rusak dan ambles, jembatan Aik Sumping, Desa Batu Penyuk putus, jembatan depan Kampung Laut putus, jembatan Aik Sambar Desa Lilangan putus, jembatan Jangkar Asam putus, dan pasar terendam dengan ketinggian air 1,5 meter. Di Kabupaten Belitung, empat kecamatan terendam yakni Tanjung Pandan, Mbalong, Sijuk, dan Badau.

Para korban banjir sangat membutuhkan makanan siap saji, dapur umum atau dapur air, dan air bersih. Juga alat medis darurat, hygiene kits, selimut, tikar atau kasur, alat kebersihan, dan school kit.
(poe)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7999 seconds (0.1#10.140)