Dihantam Derasnya Arus Sungai Brantas, Jembatan Mrican Ambrol

Kamis, 02 Maret 2017 - 11:12 WIB
Dihantam Derasnya Arus Sungai Brantas, Jembatan Mrican Ambrol
Dihantam Derasnya Arus Sungai Brantas, Jembatan Mrican Ambrol
A A A
KEDIRI - Jembatan Mrican yang menghubungkan Kabupaten Kediri dengan Kabupaten Nganjuk, ambrol. Separuh badan jembatan amblas terbawa derasnya air Sungai Brantas. Beruntung waktu kejadian tidak ada orang yang melintas sehingga tidak ada korban jiwa.

Jembatan Mrican yang berada di ujung Desa Jabon dan Desa Jongbiru ini ambrol hingga separuh badan jembatan akibat tergerus arus sungai yang besar. Jembatan yang memiliki panjang 100 meter dengan lebar 4 meter ini terbawa derasnya air Sungai Brantas.

Derasnya air yang disertai dengan material batang-batang pohon menghantam tiang jembatan. Beruntung sebelum robohnya jembatan, warga sekitar sudah menutup akses jalan sehingga tidak ada korban.

Kamis (2/3/2017), Mujiono warga Jabon mengatakan, ketika jembatan ambrol debit air Sungai Brantas cukup tinggi dengan membawa material pepohonan yang menghantam tiang penyangga jembatan, sehingga jembatan yang dibangun tahun 1939 tersebut langsung ambrol.

Jembatan Mrican ini dipergunakan warga sebagai jalur altenatif Kabupaten Kediri ke Kabupaten Nganjuk bagian timur, begitu pula sebaliknya.

Jembatan yang dibangun zaman penjajahan Belanda ini sudah ditutup oleh Pabrik Gula Mrican karena kondisinya sudah tidak layak dipergunakan. Namun, karena warga masih tetap ingin menggunakan dan memaksa memanfaatkannya. Pabrik Gula Mrican menyerahkan jembatan ini ke Pemerintah Kabupaten Kediri. Namun, sebelum ada renovasi, jembatan ini sudah ambruk diterjang derasnya air Sungai Brantas.
(zik)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4521 seconds (0.1#10.140)