Lumba-Lumba Penuh Luka Terdampar di Sungai Rokan

Kamis, 02 Juni 2016 - 14:07 WIB
Lumba-Lumba Penuh Luka Terdampar di Sungai Rokan
Lumba-Lumba Penuh Luka Terdampar di Sungai Rokan
A A A
ROKAN HILIR - Seekor ikan lumba-lumba ditemukan terdampar di pinggir Sungai Rokan Kabupaten Rokan Hilir (Rohil) Riau oleh seorang warga. Saat ditemukan kondisi lumba-lumba anak ini memprihatikan.

Dimana satwa dilindungi ini terdapat penuh luka terutama di bagian mulutnya. Sampai ini belum ada pihak berwenang seperti dinas perikanan untuk merawat anak lumba-lumba tersebut.

"Sejauh ini kita belum mendapat laporan terkait lumba-lumba itu. Kita sedang mencari tau dimana saat ini lumba-lumba karena kabarnya ada di Batu Enam Kecamatan Bangko,"kata Kapolres Rohil AKBP Polma Lubis, Kamis (2/6/2016).

Informasi yang dihimpun, lumba-lumba tersebut ditemukan oleh warga Rohil bernama Aris. Pria yang sehari-hari berprofesi sebagai juru parkir saat ini kebetulan berada di pinggir sungai Rokan daerah Batu Enam.

Saat itu dia melihat sesuatu benda yang terombang-ambing di tepi Sungai Rokan yang berdekatan dengan muara. Setelah diteliti ternyata itu adalah anak lumba-lumba. Karena kasihan, dia membawa anak lumba-lumba yang terdampar itu.

Saat ini anak lumba-lumba yang terpisah dari induknya dirawat di sebuah kolam. Dia merawat anak lumba-lumba yang terluka itu seadanya menunggu pihak terkait untuk menolongnya.

Kabupaten Rohil merupakan salah satu daerah pesisir di Riau. Rohil terkenal dengan hasil lautnya. Bahkan dulunya Rohil merupakan peringkat dua dunia penghasil ikan setelah Bergen, salah satu kota yang ada di Negara Norwegia. Salah satu ikan yang paling banyak adalah lumba-lumba.

Belakangan ikan yang dikenal akrab dengan manusia ini mulai punah karena jadi perburuan karena dianggap dagingganya bisa menambah vitalitas pria.

Kini nama Rohil sebagai tempat penghasil ikan hanya tinggal sejarah setelah terjadi pencurian ikan besar-besaran dengan cara pukat harimau oleh negara tetangga Indonesia.
(sms)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.1121 seconds (0.1#10.140)