KPU Blitar Optimistis Golput Pilkada Tunggal Bisa Ditepis

Kamis, 26 November 2015 - 08:06 WIB
KPU Blitar Optimistis Golput Pilkada Tunggal Bisa Ditepis
KPU Blitar Optimistis Golput Pilkada Tunggal Bisa Ditepis
A A A
BLITAR - Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Blitar optimistis tingkat kehadiran dalam pilkada calon tunggal setara dengan pemilihan legislatif (pileg) dan presiden (pilpres) tahun 2014 lalu.

Anggota KPU Kabupaten Blitar Masrukin meyakini angka golput hanya sekitar 37 %. “Kita optimistis tingkat partisipasi pilkada calon tunggal ini sama dengan pilpres dan pileg lalu, “ ujarnya kepada wartawan.

Untuk menekan angka golput, KPU kata Masrukin terus menggencarkan sosialisasi sekaligus simulasi surat suara.

Khususnya sosialisasi dilakukan di 2.494 tempat pemungutan suara (TPS). Sebab mekanisme pemungutan suara dalam pilkada tunggal berbeda dengan pilkada pada umumnya. Pemilih dalam surat suara pilkada dihadapkan opsi Setuju dan Tidak Setuju.

“Diakui dalam simulasi coblosan masih banyak masyarakat yang keliru dan berakibat tidak sah,“ terangnya.

Seperti diketahui pilkada calon tunggal di Kabupaten Blitar hanya ada satu pasangan calon. Yakni paslon Rijanto-Marhaenis Urip Widodo (RIDO) yang diusung PDI Perjuangan.

Sementara itu KPU Kabupaten Blitar sudah mengesahkan daftar pemilih tetap (DPT) sebanyak 964.928 jiwa. Jumlah tersebut hasil verifikasi dari daftar pemilih sementara (DPS) 970.069 jiwa. Ada sebanyak 5.141 pemilih yang terpangkas dengan alasan identitas ganda dan meninggal dunia.

Masrukin juga mengakui banyaknya warga Kabupaten Blitar yang bekerja sebagai buruh migran turut menyumbang tingginya angka golput.

Karena itu dia mengimbau kepada para pemilih untuk menyalurkan suara dengan sebaik baiknya. ”Kita berharap pilkada bisa berjalan lancar, tertib dan aman, “pungkasnya.
(sms)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5565 seconds (0.1#10.140)