Area Gunung Merapi Terbakar, 250 Pendaki Dievakuasi

Minggu, 01 November 2015 - 16:30 WIB
Area Gunung Merapi Terbakar, 250 Pendaki Dievakuasi
Area Gunung Merapi Terbakar, 250 Pendaki Dievakuasi
A A A
BOYOLALI - Kebakaran melanda kawasan Gunung Merapi, Minggu (1/11/2015) pagi. Api muncul dari daerah di atas Dusun Sepi, Desa Jrakah, Kecamatan Selo, Boyolali. Sebanyak 250 pendaki harus dievakuasi ke bawah karena api merambat ke kawasan jalur pendakian.

Anggota Tim SAR Barameru Boyolali Bakat Setyawan mengatakan, peristiwa kebakaran terjadi sekitar pukul 09.00 WIB. Lokasi yang terbakar berada di ketinggian 1.400 meter di atas permukaan air laut (Mdpl) atau di atas Desa Sepi di kawasan Kali Apu.

Setelah mendapatkan laporan kebakaran, pihaknya langsung berupaya mengevakuasi para pendaki yang naik ke puncak Merapi. "Tim saat ini telah mencapai Pasar Bubrah dan semua pendaki diminta untuk turun," ujar Lahar, sapaan akrab Bakat Setyawan, Minggu (1/11/2015) sore.

Sosok yang dikenal karena berhasil mengangkat korban yang jatuh ke kawah Gunung Merapi ini mengungkapkan, tercatat ada 250 pendaki yang digiring untuk turun ke bawah.

Mereka diperkirakan sampai ke pintu masuk jalur pendakian New Selo di Kecamatan Selo, Boyolali Minggu pukul 17.00 WIB. Sebab, informasi terakhir, perjalanan pendaki yang turun kini telah mencapai Pos I.

Tim SAR Barameru menerjunkan delapan personel untuk naik ke puncak Merapi guna keperluan evakuasi. Meski lokasi yang terbakar berjarak sekitar tiga kilometer dari jalur pendakian, evakuasi mendesak karena api mengarah ke jalur pendakian.

Api cepat merambat karena yang terbakar adalah semak belukar. Pihaknya tidak mengetahui penyebab kebakaran. "Biar instansi yang berwenang yang menyimpulkan penyebab kebakarannya."
(zik)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7763 seconds (0.1#10.140)