Banyuwangi Beach Jazz Memukau Ribuan Penonton

Senin, 14 September 2015 - 11:09 WIB
Banyuwangi Beach Jazz Memukau Ribuan Penonton
Banyuwangi Beach Jazz Memukau Ribuan Penonton
A A A
BANYUWANGI - Pagelaran Banyuwangi Beach Jazz sukses membius ribuan penonton. Para penggemar jazz dibawa larut dalam aneka suasana romantis. Sejumlah penyanyi Ibu Kota hadir menyemarakkan pertunjukan ini sepreti penyanyi jebolan Indonesian Idol Citra Scolastika, Marcell Siahaan, Once, hingga artis era 80-an Vina Panduwinata.

Banyuwangi Beach Jazz yang digelar di Pantai Boom, Banyuwangi Sabtu (12/9) malam diawali dengan penampilan Shena yang berhasil menggebrak penonton dengan lagu asli Banyuwangi, Rehana . Lagu Using, suku asli Banyuwangi tersebut dinyanyikan dengan aransemen jazz . Setelah lagu Using, Shena pun berturut membawakan 8 lagu.

Mulai Creep, Bukan Bang Thoyib, hingga Cinta ciptaan Titik Puspa. Berikutnya giliran penampilan Marcel Siahaan yang menghadirkan suasana galau. Suara emas Marcel ini bahkan sempat ”menyihir” anggota Satpol PP perempuan. Saat didaulat membawakan lagu Firasat bersama Marcel, empat Satpol cantik tersebut bukannya ikut bernyanyi, namun malah lebih banyak terpukau dengan suara Marcel. Sementara itu, pelantun lagu Galau Galau Galau (3G), Citra Scholastika giliran membawa suasana ceria.

Dengan gaya centilnya, jawara Indonesian Idol tersebut berhasil mengajak penonton turut berjoget mengiringi lagunya. Mulai dari lagu Aku Pasti Bisa, Do Re Mi, hingga Everybody Knew. Larutnya malam ternyata tidak membuat penonton beranjak menikmati dinginnya angin laut yang berhembus.

Penampilan Once yang dimulai pukul 23.00 membuat penonton semakin panas mengikuti syair-syair lagu yang dibawakan mantan vokalis Dewa 19 itu. Malam itu Once membawakan lagu seperti Anggun, Cemburu, Dealova , dan dipungkasi lagu Separuh Nafas .

Jazz yang digelar dengan latar belakang Selat Bali tersebut ditutup dengan penampilan Vina Panduwinata. Malam itu, Sang Burung Camar yang mengenakan gaun berwarna keperakan, membawakan 8 lagu. Lagu era 80-an pun dibawakan sang diva.

Dengan suara serak khasnya, Vina mengawali penampilannya dengan lagu Biru. Berturut- turut Di Dadaku Ada Kamu, September Ceria, Surat Cinta , dan Aku Makin Cinta . Di akhir penampilannya, Vina mengajak semua artis kembali naik ke panggung untuk membawakan lagu Rumah Kita dari Achmad Albar.

Banyuwangi Beach Jazz Festival yang digelar kali ke-3 ini merupakan salah satu event dalam rangkaian Banyuwangi Festival. Tahun ini, sejumlah gelaran musik masuk dalam agenda Banyuwangi Festival. Mulai dari Festival Perkusi & Lalare Orkestra, Banyuwangi Peaceful Concert, Jazz Ijen, dan Beach Jazz Festival.

Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas mengatakan, sebagai daerah yang memiliki garis pantai terpanjang di Jawa Timur, Jazz Pantai menjadi bagian dari pengembangan pariwisata bahari yang dikembangkan Banyuwangi. Pengembangan pariwisata ini sejalan dengan konsep ecotourism yang diusung Pemkab Banyuwangi.

”Jazz Pantai menjadi salah satu pilihan wisata dari aneka destinasi yang disuguhkan untuk mengembangkan pariwisata,” katanya. Anas manambahkan, Jazz Pantai merupakan event pariwisatayangmenjadisalahsatu cara untuk memperpanjang siklus destinasi wisata. ”Pariwisata event bisa memperpanjang siklus destinasi sehingga wisatawan lebih lama tinggal di Banyuwangi, dan otomatis juga belanja uangnya bertambah.

Misalnya, setelah menonton Jazz Pantai bisa mengunjungi objek wisata lainnya atau sebaliknya,” jelas Anas. Jazz Pantai juga memperkuat posisi Banyuwangi dalam peta persaingan pariwisata di Indonesia. ”Pantai menjadi salah satu destinasi wisata alam di Banyuwangi. Dengan event ini, berarti kami menjual event sekaligus destinasi alam. Jazz Pantai terbukti telah menjadi daya tarik pariwisata Banyuwangi,” jelas Anas.

P Juliatmoko
(ftr)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8182 seconds (0.1#10.140)