Jatim Masih Dilirik Produsen Automotif

Jum'at, 04 September 2015 - 08:49 WIB
Jatim Masih Dilirik Produsen Automotif
Jatim Masih Dilirik Produsen Automotif
A A A
SURABAYA - Produsen mobil terus memburu konsumen di Jawa Timur (Jatim). PT Toyota Astra Motor (TAM) memperkenalkan All New Hilux, sedangkan Honda mengajak wisata konsumen yang membeli produk terbarunya.

Toyota sangat yakin bahwa produk terbarunya berupa All New Hilux ini bisa mendongkrak penjualan 15% di Jatim hingga akhir tahun. Karena rata-rata penjualan setiap bulan bisa mencapai 30 unit. Dalam tiga bulan ini, Toyota menargetkan All New Hilux bisa terjual 150 unit. ”Dalam tiga bulan ini, saya rasa untuk menjual 150 unit masih bisa. Pasar Hilux di Jatim masih bagus,” kata Koordinator Wilayah Auto 2000 Area Surabaya, Hasan dalam konferensi pers di Hotel Singgasana, kemarin.

Hasan mengatakan, keyakinan ini terbangun karena Hilux memiliki customer loyal. Artinya, pengguna Hilux lama akan membeli produk terbaru karena ada perubahan yang membuat produk komersial pikap ini menjadi lebih kuat. ”Kami akan memperkenalkan New Hilux kepada pelanggan loyal Toyota. Kami yakin mereka akan membeli produk komersial ini,” ujarnya. Jatim, ujarnya, memiliki perbedaan karakter dibandingkan daerah-daerah lain. Jatim memang tidak ada lokasi tambang seperti wilayah luar pulau, tetapi anehnya banyak pembeli produk pikap dari Jatim. Bahkan kontribusinya untuk nasional sebesar 7% di kelas Hilux.

Dari data ternyata banyak customer di Jatim membeli pikap untuk dikirim keluar Jawa. ”Jatim ini aneh, mereka membeli produk jenis pikap, tetapi tidak dipergunakan di Jatim melainkan di luar pulau,” kata Hasan. Commercial Vehicle Dept Head PT TAM, Kurniyaty Lim mengatakan, konsumen akan menyukai produk New Hilux. Karena ada banyak perubahan dilakukan dengan fokus pada desain eksterior yang memperlihatkan sebuah gabungan gaya ketangguhan dan emosional pengendara.

Desain interior memberikan kesan nyaman layaknya mobil penumpang. ”Hilux memiliki kinerja lebih besar dan membedakannya dengan pikap konvensional. Saya yakin konsumen akan menyukainya,” katanya. Data Auto 2000, sebagai salah satu dealer Toyota menyebutkan, market pikap double kabin hingga Juli 2015 memiliki pangsa pasar 52,2%. Pangsa pasar Hilux meningkat 6,1% dari pangsa pasar tahun 2014.

Pada 2014, pangsa pasar Hilux sebesar 46,2% dari total penjualan mobil pikap double kabin di Surabaya sebanyak 286 unit. Di sisi lain, Honda juga semakin optimistis dengan produk Mobilo. Karena produk mobil ini bisa memberikan kontribusi besar terhadap penjualan di Jatim. Penjualannya bahkan mencapai 3.308 unit per tahun, sedangkan CRV sebanyak 924 unit.

”Kami tidak akan mengoreksi target penjualan meski ekonomi lesu. Jatim target penjualan hingga 57.890 unit,” kata Marketing and After Sales Service Director Honda Surabaya Center, Wendy Miharja. Untuk mempertahankan pasar, Honda terus membuat inovasi dalam mendekatkan diri kepada konsumen. Salah satunya memberikan paket perjalanan ”Honda F1 Racing trip to Malaysia Grand Pria”.

Paket ini berupa undian bagi pembeli mobil Honda yang berhak mengikuti undian menyaksikan langsung gelaran F1 di Malaysia. ”Saat ini ada 13.447 unit dari pembeli. Dari jumlah itu akan diambil 20 orang pemenang, ini akan menarik minat konsumen,” ujar President Director Honda Surabaya Center, Ang Hoey Tiong.

Arief ardliyanto
(ars)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8589 seconds (0.1#10.140)