Puluhan Hektare Sawah di Jombang Gagal Panen

Rabu, 02 September 2015 - 18:32 WIB
Puluhan Hektare Sawah di Jombang Gagal Panen
Puluhan Hektare Sawah di Jombang Gagal Panen
A A A
JOMBANG - Kemarau panjang mengakibatkan puluhan hektare tanaman padi milik petani di Kabupaten Jombang, Jawa Timur, mengalami gagal panen atau puso. Padi mengering akibat tidak ada air untuk mengairinya.

Meski sebagian sudah ada yang berbuah namun buahnya hampa alias tidak ada isinya. Menurut Narsih, petani di Desa Mundusewu, Kecamatan Bareng, Kabupaten Jombang, kondisi ini terjadi akibat kemarau berkepanjangan. Akibatnya, mereka tak bisa mendapatkan air untuk dialirkan ke sawah.

Upaya alternatif yang biasa mereka lakukan dengan membuat sumur atau mengebor sejak awal Agustus lalu juga banyak yang gagal. Akibatnya, para petani kini memilih pasrah dan membiarkan tanaman padinya mati.

Jika musim hujan datang, barulah mereka akan menanam padi kembali. Kondisi ini tentu saja membuat petani rugi. Sebab, untuk menanam padi mereka sudah mengeluarkan biaya yang tidak sedikit, mencapai Rp21 juta per hektare.

Dalam kondisi normal, petani bisa memanen sekitar 5 sampai 7 ton padi per hektare. Namun, dengan kondisi mati mengering seperti ini, petani tak bisa memanen sama sekali alias gagal panen.
(zik)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8427 seconds (0.1#10.140)
pixels