Busana Add On untuk Segala Acara

Selasa, 01 September 2015 - 10:35 WIB
Busana Add On untuk Segala Acara
Busana Add On untuk Segala Acara
A A A
SURABAYA - Satu busana umumnya hanya bisa dikenakan untuk satu acara. Apalagi, busana pesta tentu enggan dipakai lagi jika sudah beberapa kali dikenakan.

Untuk menyiasati bosan dengan tampilan busana yang itu-itu saja, desainer Franscesca M Raharjo sengaja mendesain busana dengan konsep add on . Add on memiliki makna satu busana bisa menghasilkan tiga tampilan yang berbeda-beda dengan sedikit modifikasi. Franscesca mencontohkan busana hijau yang terdiri daro atasan tanpa lengan dan bawahan berupa rok sepan.

Tampilan busana ini cocok untuk acara kasual atau prewed, mengingat tampilannya tidak terlalu ramai. Bahkan, jika ditambah blazer bisa dikenakan sebagai busana kerja. Tampilan kedua tampak lebih glamor dengan tambahan rok atau bawahan yang lebih lebar alias bergaya bell gaun. Bawahan yang terbuat dari kain tulle didesain beberapa lapis sehingga tampak lebih lebar dengan potongan membentuk sudut lancip.

Uniknya bawahan ini langsung bisa dipasang pada tampilan busana tanpa harus melepas busana sebelumnya karena tambahannya hanya berupa rok. Inilah yang dimaksud konsep add on . Satu busana bisa diubah- ubah dengan berbagai tampilan. Jika sedang buruburu pergi ke dua acara berbeda, tidak perlu ganti baju lagi, cukup memberi tambahan pada bagian bawah atau atasnya.

”Aku menyebutnya add on karena bisa ditambah ini dan itu sudah jadi tampilan busana yang berbeda. Selain itu, fungsinya juga berbeda. Meski busana ini ready to wear, tetap bisa dikenakan untuk beberapa kali acara, bahkan disewa untuk acara wedding . Kalau yang seperti itu umumnya tampilan busana yang lebih glamor,” kata lulusan sekolah desain Rafflesia, Singapura, itu. Dengan desain dari Cesca, tampilan busana menjadi tampak anggun.

Seperti yang terlihat pada penampilan Mona Shahab, model yang mencoba busana add on kreasi Cesca. Soal bahan, Cesca memilih kain organza, tulle, dan duthcess yang dikombinasikan berbagai busana warna-warni, tidak hanya hijau. Rata-rata warna yang dia pilih adalah warna pastel. Meski demikian, juga ada beberapa busana mencolok, seperti busana warna pink yang kemarin juga ditunjukkan oleh Cesca.

Perempuan berwajah oriental ini mengatakan, ide awal mendesain busana add on karena banyak pelanggan yang meminta busana yang telah dibeli untuk dirombak ulang ketika sudah bosan. Kadang ada pula yang menginginkan busana untuk prewed yang juga bisa dikenakan untuk acara lain supaya lebih hemat. Berawal dari permintaan pelanggannya itu, dia mendesain busana ready to wear dengan konsep add on .

Dia pun tidak hanya menerapkan pada busana perempuan, tetapi juga laki-laki. ”Awalnya aku memang fokus untuk mendesain busana pria, tetapi setelah balik ke sini kok rata-rata banyak yang nyari busana perempuan, akhirnya aku pun juga mendesain busana add on untuk perempuan,” paparnya.

Mamik wijayanti
(ars)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7891 seconds (0.1#10.140)