Bersinar Numpang Acara Pemkab

Sabtu, 29 Agustus 2015 - 11:00 WIB
Bersinar Numpang Acara Pemkab
Bersinar Numpang Acara Pemkab
A A A
SIDOARJO - Ada saja modus pasangan calon (paslon) cabup-cawabup Sidoarjo “berkampanye” agar tidak melanggar aturan, yakni dengan memasang gambar saat pemberangkatan jamaah haji di Pendopo Delta Wibawa, kemarin.

Seperti yang dilakukan paslon Saiful Ilah-Nur Achmad Syaifudin (Bersinar). Spanduk bergambar foto pasangan ini dipampang di sekitar pendopo, alun-alun, dan depan Gedung DPRD Sidoarjo. Isi spanduk adalah ucapan selamat menunaikan ibadah haji karena siang itu, Bupati Saiful Ilah melepas rombongan jemaah haji asal Sidoarjo.

Spanduk tersebut berlogo partai pengusung keduanya, PKB. Di spanduk itu, Saiful Ilah bukan sebagai bupati, melainkan Ketua Dewan Tanfidz PKB. Sementara pasangannya, Nur Achmad, ditulis sebagai Ketua Komisi C DPRD Sidoarjo. Padahal Nur Achmad sudah mundur sebagai anggota dewan semenjak mendaftar sebagai cawabup.

Ketua Panwaskab Sidoarjo, Ulul Azmi, mengaku telah menerima laporan ada spanduk paslon di ruang publik. “Tadi pagi kami mendapat laporan. Kita lihat apa jenis pelanggarannya,” ujarnya. Ulul menegaskan, pada prinsipnya alat peraga kampanye tidak diperkenankan dipasang di fasilitas publik. Hanya dia masih akan mempelajari apakah spanduk itu ada unsur kampanye atau tidak. Jika ada unsur kampanye, Panwaskab akan keluarkan rekomendasi kepada KPUD.

Panwas tidak ragu mengeluarkan rekomendasi terhadap pelanggaran kampanye. Selanjutnya rekomendasi itu diteruskan KPUD ke Satpol PP sebagai eksekutor untuk menurunkan spanduk itu. “Kami akan proses dan jenis pelanggarannya,” kata Ulul Azmi. Seusai memberangkatkan jamaah haji, Saiful Ilah mengaku jika spanduk yang dipasang timnya melanggar aturan, silakan diturunkan dan diproses.

“Kalau melanggar aturan ya diturunkan, begitu saja kok repot,” ujarnya. Dalam spanduk itu tidak menyebut Saiful Ilah dan Nur Achmad Syaifudin sebagai cabup- cawabup, tapi sebagai ucapan selamat jalan kepada jamaah haji. Ditanya kenapa tidak memasang spanduk dia selaku bupati? Saiful Ilah mengaku itu yang memasang timnya. Bahkan, dia memuji timnya yang memasang spanduk itu.

Pasalnya, tidak ada paslon memasang spanduk ucapan selamat jalan jamaah haji. “Itu ide cerdas, calon lain tidak ada yang memasang ya kita pasang sendiri,” kata Saiful Ilah. Bahkan, Saiful Ilah berkelit ketika ditanya posisi Nur Achmad Syaifudin yang sudah mengundurkan diri sebagai anggota dewan. “Ya mungkin waktu buat spanduknya ketika Nur Achmad masih menjabat ketua Komisi C,” katanya.

Abdul Rouf
(bbg)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.2006 seconds (0.1#10.140)