Warga Lereng Wilis Gelar Siraman Barongan

Selasa, 18 Agustus 2015 - 09:16 WIB
Warga Lereng Wilis Gelar Siraman Barongan
Warga Lereng Wilis Gelar Siraman Barongan
A A A
TULUNGAGUNG - Masyarakat adat lereng Gunung Wilis di Kecamatan Sendang, Kabu paten Tulungagung, menggelar tradisi siraman barongan, kemarin. Ritual ini diikuti 17 kelompok seni jaranan, barongan, reog kendang serta reog Ponorogo.

Tradisi yang konon telah ber langsung ratusan tahun tersebut digelar setiap 17 Agus tus, dipusatkan di situs Mbah Bodo, situs peninggalan zaman Kerajaan Majapahit di Dusun Nglurup, Desa Sendang. Ritual utama tradisi ini adal ah menyiramkan air kembang dari situs Mbah Bodo kealat peraga seni barongan, dadak merak, dan yang lain.

Selain disiramkan ke setiap kepala barongan, air kembang yang diyakini masyarakat setempat memiliki tuah tersebut juga diminum para seniman barongan sebelum beratraksi dalam pawai budaya menyambut peringatan HUT Ke-70 Kemerdekaan RI di jalan raya Kecamatan Sendang.

“Tujuan siraman barongan ini adalah untuk minta doa restu pada Tuhan Yang Maha Kuasa agar masyarakat (Kecamatan) Sendang yang ada di Lereng Gunung Wilis ini diberikan selamat dan terhindar dari marabahaya,” kata pemangku adat lereng Gunung Wilis, Suryaniadi, setelah ritual siraman itu usai.

Setelah ritual siraman itu usai, acara dilanjutkan dengan pa wai budaya di sepanjang jalan raya Kecamatan Sendang. Kegiatan yang berlangsung mulai pukul 08.00 WIB hingga 11.00 WIB berlangsung meriah karena belasan ribu warga sekitar lereng wilis “turun gunung” menyaksikan upacara adat serta pawai budaya.

Solichan arif/ant
(ftr)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5015 seconds (0.1#10.140)